Depo Pertamina Plumpang.
Nasional

Demi Buffer Zone Plumpang, Dirut Pertamina Korbankan 1.225 Bangunan

  • PT Pertamina (Persero) telah melakukan rencana awal terkait relokasi warga di sekitar jarak aman atau buffer zone Depo Plumpang, yang diperkirakan berdampak pada total 1.225 bangunan.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) telah melakukan rencana awal terkait relokasi warga di sekitar jarak aman atau buffer zone Depo Plumpang, yang diperkirakan berdampak pada total 1.225 bangunan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengungkapkan langkah paling mendesak, apalagi adanya pemukiman warga yang sudah menempel di tembok pembatas terminal BBM Plumpang. Perluasan buffer zone akan dilakukan sepanjang 50 meter dari tembok dan menjadi rencana jangka menengah Pertamina.

"Operasional ini akan terus berjalan di Plumpang karena demikian strategisnya, maka yang paling urgent hari ini adalah membangun buffer zone di sekitar tembok ini, kami sedang menghitung,"katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Kamis, 16 Maret 2023.

Berdasarkan paparan Nicke,hasil inspeksi awal perluasan buffer zone versi Sucofindo akan berdampak kepada total 1.225 bangunan, yakni bangunan di buffer zone Plumpang sebanyak 722 bangunan dan buffer zone Elnusa sebanyak 533 bangunan.

Menurutnya perluasan buffer zone dan relokasi warga seluas 100 meter dari tembok pembatas telah direncanakan sejak awal, setelah insiden serupa kebakaran Depo Plumpang pertama kali di 2009.

Pembangunan buffer zone menjadi penting karena operasional Depo Plumpang tidak bisa langsung  dipindahkan ke tempat lain karena akan berdampak pada pasokan BBM di 790 SPBU 19 kota/kabupaten dana pasokan LPG di 22 kabupaten/kota.

Maka pihaknya mengungkapkan, perlu waktu 4-5 tahun lamanya, di mana pemindahan hanya untuk fasilitas BBM retail ke tempat baru bernama Green Multipurpose Terminal Kalibaru di lahan seluas 32 hektare milik PT Pelindo (Persero).

Selain terminal BBM, terminal baru tersebut nantinya tidak akan berfungsi menyimpan pasokan energi fosil, melainkan digunakan untuk pengembangan bahan bakar ramah lingkungan seperti bioetanol hingga green hidrogen.