<p>Halte Transjakarta terbakar akibat aksi unjuk rasa Tolak UU Cipta Kerja di DKI Jakarta / Twitter</p>
Nasional & Dunia

Demo Tolak UU Cipta Kerja Ricuh: 18 Halte Busway Hancur, Transjakarta Rugi Rp45 Miliar

  • Berdasarkan pantauan TrenAsia.com melalui layanan CCTV Jakarta Smart City, api mulai berkobar di beberapa tempat di Ibu kota sekitar pukul 17.00 WIB.

Nasional & Dunia
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Adanya aksi massa yang berlangsung sejak siang tadi berdampak pada perusakan disertai pembakaran hingga penjarahan fasilitas dan sarana prasarana milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hingga pukul 20.30 WIB, diketahui sebanyak 18 halte Transjakarta rusak oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan pantauan TrenAsia.com melalui layanan CCTV Jakarta Smart City, api mulai berkobar di beberapa tempat di Ibu Kota sekitar pukul 17.00 WIB. Beberapa halte serta fasilitas umum lain tampak dilalap si jago merah.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengungkapkan, semua petugas dan pelanggan Transjakarta yang berada di lokasi sudah berhasil dievakuasi dengan selamat dan tidak ada korban jiwa.

Nadia mengungkapkan, estimasi kerugian yang dialami Transjakarta setidaknya sekitar Rp45 miliar sejauh ini. Selain itu, ia bilang perusakan ini akan membuat kesulitan baru bagi warga yang menggunakan moda transportasi milik DKI ini. Pembangunan kembali halte modern juga akan memakan waktu yang panjang.

Ia juga sangat menyayangkan dan mengecam keras aksi perusakan halte-halte dan fasilitas umum, utamanya Bundaran HI ini. Sebab, Halte Bundaran HI merupakan salah satu fasilitas yang dinimakti seluruh warga Indonesia yang seharusnya dijaga bersama-sama. 

“Halte Bundaran HI sendiri baru saja diresmikan pada 25 Maret 2019, dan menjadi halte modern terintegrasi dengan Stasiun MRT,” ujarnya di melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis 8 Oktober 2020.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih menghitung kerugian pasti yang ditimbulkan oleh aksi anarkis yang merugikan warga DKI tersebut. Sementara untuk layanan operasional esok hari Transjakarta masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi di lapangan.

Daftar Halte yang Dirusak
  1. Bundaran HI (Kor 1)
  2. Sarinah (Kor 1)
  3. Tosari Baru (Kor 1)
  4. Tosari Lama (Kor 1)
  5. Karet Sudirman (Kor 1)
  6. Sentral Senen (Kor 5)
  7. Senen arah P Gadung (Kor 2)
  8. Senen arah HCB (Kor 2)
  9. HCB (Kor 1)
  10. BI (Kor 1)
  11. Gambir 1 (Kor 2)
  12. Sumber Waras (Kor 3)
  13. Grogol 1 (Kor 3)
  14. Dukuh Atas 1 (Kor 1)
    15.Petojo (Kor 8)
  15. Benhil (Kor 1)
  16. Rs Tarakan (Kor 8)
  17. Kwitang (Kor 2)