Nasional

Depak Kelurga Riady dari 10 Besar Orang Terkaya Indonesia, Ini Bisnis Tanoko Brothers

  • Forbes kembali merilis daftar nama miliarder dunia. Di Indonesia, ada setidaknya 10 orang yang masuk dalam daftar 1000 orang terkaya di dunia
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar nama miliarder dunia. Di Indonesia, ada setidaknya 10 orang yang masuk dalam daftar 1000 orang terkaya di dunia.

Dari ke-10 daftar tersebut, secara mengejutkan tersurat nama Wijono dan Hermanto Tanoko. Sedangkan nama konglomerat lawas seperti Mochtar Riady terdepak dari daftar orang terkaya di Indonesia.

Menduduki posisi ke-delapan sebagai orang terkaya di Indonesia, apa sebetulnya bisnis yang dimiliki oleh Tanoko bersaudara sehingga kekayaannya berhasil menyalip taipan lama seperti Mochtar Riady?

Mengutip Forbes Selasa, 1 November 2022, Wijono dan Hermanto Tanoko merupakan Crazy Rich asal Surabaya yang menjadi pengendali perusahaan cat domestik terbesar kedua di Indonesia, Avia Avian. Perusahaan awalnya merupakan perusahaan keluarga yang didirikan pada 1978 oleh sang ayah, Soetikno Tanoko.

Semasa Avia Avian Jatuh ke tangan mereka, dua bersaudara ini menjadikan bisnis keluarga mereka menjadi perusahaan terbuka. Tanoko bersaudara mencatatkan Avia Avian (AVIA) ke Bursa Efek Indonesia pada 2021.

Tak hanya Avia Avian, perusahaan lain yang dimiliki oleh keluarga tanoko, PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk alias Depo Bangunan juga ikut melangkah ke lantai bursa.

Dari aksi IPO yang dilakukan, AVIA mampu mengumpulkan dana segar Rp5,76 triliun. Sedangkan DEPO berhasil meraup dana Rp493 miliar dari 15,08% saham yang dilepas ke pasar.

Perlu diketahui, baik AVIA maupun DEPO merupakan bagian dari Tancorp Abadi Nusantara. Hermanto Tanoko tercatat sebagai CEO di Grup Perusahaan tersebut.

Tancorp sendiri dibentuk menjadi holding pada 2015.  Mengutip situs resmi perusahaan, Tancorp Abadi Nusantara kini membawahi delapan subholding perusahaan selain AVIA dan DEPO. Subholding tersebut bergerak pada sektor industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Adapun salah satu brand milik Tancorp yang terkenal selain Avian dan Depo bangunan adalah air kemasan merek Cleo.  

Masih mengutip situs resmi, Tancorp saat ini memiliki setidaknya 300 brand yang dikelola oleh 38 unit bisnis. Secara keseluruhan, karyawan Tancorp berjumlah lebih dari 11.000 tenaga kerja.

Melejit 30 Tingkat

Kekayaan Tanoko bersaudara melejit 30 tingkat semenjak mencatatkan AVIA dan DEPO ke bursa saham. Pada 2020, Forbes mengestimasi kekayaan Tanoko bersaudara berjumlah kisaran US$700 juta atau kisaran Rp10 triliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS).

Namun saat ini, kekayaan Tanoko bersaudara tercatat mencapai US$3,5 miliar atau setara Rp54 triliun. Inilah yang kemudian menjadikan Tanoko bersaudara menempati posisi ke-8 sebagai orang terkaya di Indonesia dan ke-770 di dunia.