Presiden Joko Widodo memberi arahan saat groundbreaking perdana di IKN Nusantara, Kamis 21 September 2023.
Nasional

Deretan Investor yang Awali Groundbreaking di IKN

  • Tercatat sepuluh nama investor telah menanamkan investasinya di IKN dengan nilai total mencapai Rp20 triliun.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) proyek pembangunan investasi swasta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis, 21 September 2023. 

Tercatat sepuluh investor telah menanamkan investasinya di IKN dengan nilai total mencapai Rp20 triliun. Deretan investor tersebut merupakan perusahaan dalam negeri yang turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Kesepuluh investor tersebut ialah Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group, dan Alfamart Group. Sepuluh investor tersebut tergabung dalam sebuah konsorsium dengan dipimpin Agung Sedayu Group.

Selain itu, terdapat beberapa investor lainnya yang turut tergabung dalam investasi pembangunan di IKN. Investor tersebut meliputi Pakuan, Mariott, Jambuluwuk, Vasanta, Hermina, dan Jakarta Intercurltural School. Mereka terlibat dalam pembangunan di sektor perhotelan, shopping mall, rumah sakit, pendidikan, dan perkantoran.

Groundbreaking pertama di IKN dilakukan Presiden Jokowi pada pembangunan Hotel Nusantara. Hotel tersebut merupakan hotel Bintang lima serta hotel pertama yang dibangun di kawasan IKN. Dalam kesempatan tersebut Presiden juga berterima kasih kepada investor yang telah menanamkan investasinya dalam pembangunan IKN.

Keberadaan investasi di IKN disebut telah memberikan rasa percaya diri bahwa IKN juga diminati oleh investor. “Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Aguan dan kawan-kawan yang hadir pada sore ini. Ini memberikan confidence, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa sangat diminati oleh investor,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi diketahui menginap di kawasan IKN dimana akan melanjutkan agenda groundbreaking pada sejumlah proyek di lokasi tersebut pada Jumat, 22 September 2023. Presiden diagendakan hendak meletakan batu pertama pada proyek area pembangunan pusat pelatihan sepak bola nasional, Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan lainnya.

“Akan di-grounbreaking lagi ada Indogrosir, ada rumah sakit, ada hotel lagi, dan juga ada training center-nya PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang juga akan kita groundbreaking,” ujar Jokowi,

Selain itu pada hari kedua di IKN, Presiden akan mengawali agenda dengan meninjau tempat pembangunan Kantor Presiden sekaligus memasang modul pertama Garuda. Presiden juga akan meninjau rumah tapak menteri dan area Sumbu Kebangsaan serta melakukan penanaman pohon di area pembangunan Istana serta melakukan peninjauan. 

Presiden juga diagendakan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Pertamina dengan Otorita IKN. Kemudian pada malam harinya akan ada pagelaran musik bertajuk “Malam Apresiasi Nusantara”. Presiden masih akan menginap kembali di IKN guna melanjutkan agenda kunjungan kerjanya.