Gedung DPR/MPR di Jakarta.
Nasional

Deretan Legislator Termuda dan Tertua DPR yang Dilantik Hari Ini

  • Sebanyak 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 calon anggota DPD RI terpilih, berdasarkan Surat Keputusan KPU RI mengenai Hasil Pemilu 2024 periode 2024-2029, dilantik sebagai wakil rakyat pada Selasa, 1 Oktober 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA –  Sebanyak 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 calon anggota DPD RI terpilih, berdasarkan Surat Keputusan KPU RI mengenai Hasil Pemilu 2024 periode 2024-2029, dilantik sebagai wakil rakyat pada Selasa, 1 Oktober 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Jumlah anggota DPR yang dilantik meningkat dari 575 menjadi 580 orang, sementara jumlah anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Kursi DPR RI kali ini diisi oleh perwakilan dari delapan partai politik, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, NasDem, dan PKS. Para anggota legislatif ini berasal dari berbagai generasi, mulai dari generasi baby boomers hingga Generasi Z.

Daftar Anggota DPR RI 2024-2029 Paling Tua dan Termuda

Annisa Maharani Alzahra Mahesa

Annisa M. A. Mahesa menjadi anggota DPR RI termuda periode 2024-2029. Kader Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II ini meraih 122.470 suara dari sekitar 7.542 TPS, berdasarkan 99,83% data yang masuk.

Lahir pada 17 Juli 2001, Annisa memperoleh kursi di Senayan setelah mendapatkan suara terbanyak kedua di Dapil Banten II, yang mencakup Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Ia berhasil mengungguli sejumlah tokoh senior, seperti Wakil Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, mantan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, serta mantan Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman.

Annisa merupakan putri sulung almarhum Desmond Junaidi Mahesa, politikus senior Partai Gerindra yang juga aktif sebagai aktivis dan di lembaga bantuan hukum. Desmond menjabat sebagai anggota DPR RI selama tiga periode hingga wafat pada 24 Juni 2023.

Setelah meninggalnya sang ayah, Annisa menggantikan posisinya di kepengurusan DPD Partai Gerindra Banten dan ditunjuk sebagai sekretaris DPD pada 8 Juli 2023.

Diketahui, Annisa memiliki dua gelar sarjana di bidang manajemen dari Universitas Indonesia dan University of Melbourne. Hal ini dikarenakan Annisa mengikuti program kelas internasional yang memungkinkan dirinya memperoleh dua gelar sarjana.

Dua tahun pertama pendidikannya dijalani di Universitas Indonesia, kemudian ia melanjutkan studi di University of Melbourne hingga meraih gelar S1 di bidang manajemen pada tahun 2023.

Dalam kariernya, perempuan berusia 23 tahun ini pernah bekerja sebagai internship coordinator/marketing officer di Ecare Careers, Melbourne, Australia, pada Oktober-Desember 2022. Sebelumnya, ia juga pernah berperan sebagai social media manager di Warung Saco Betawi Peranakan dari Juni 2021 hingga Februari 2022.

Muhammad Rohid

Rohid adalah politisi muda dari Partai Gerindra. Ia berusia 24 tahun dan 10 bulan saat mengucapkan sumpah jabatan besok. Rohid bukanlah sosok biasa. Ia merupakan anak dari anggota DPR RI selama tiga periode, Muhammad Nasir, yang menjabat sebagai wakil rakyat di Senayan dari Partai Demokrat.

Cindy Monica Salsabila Setiawan

Cindy menjadi salah satu anggota DPR RI Dapil Sumbar II termuda. Saat ini, ia berusia 24 tahun, 10 bulan, dan 14 hari. Diketahui, ia lahir di Padang pada 29 November 1999.

Ia menempuh pendidikan di TK DEK Padang, kemudian melanjutkan ke SD Pembangunan Jaya Bintaro, SMP Tunas Indonesia Bintaro, dan menyelesaikan studi di SMA Don Bosco dalam waktu 2 tahun melalui program akselerasi.

Lalu, ia melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Manajemen Internasional di Universitas Andalas dari tahun 2017 hingga 2021. Cindy juga berpartisipasi sebagai anggota Tim Riset Tourism Marketing bersama Dr. Sari Lenggogeni, dan berhasil menyelesaikan kuliahnya hanya dalam waktu 3,5 tahun. 

Cindy dikenal aktif dalam berbagai organisasi di Sumbar. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Bidang VII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar dan Wakil Bendahara Partai NasDem Sumbar.

Zulfikar Achmad

Sebelum dua kali menjadi anggota dewan, pria yang lahir pada 17 Mei 1946 ini juga menjabat sebagai Bupati Bungo, Jambi, selama dua periode, yakni dari tahun 2001-2011. Lantaran dua periode menjabat sebagai Bupati Bungo, ia dikenal sebagai bapak pembangunan Kabupaten Bungo.

Zulfikar juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi pada tahun 2010, berpasangan dengan Ami Taher. Ia harus mengakui keunggulan pasangan Hasan Basri Agus-Fachrori Umar.

Zulfikar Achmad adalah seorang politisi senior dari Partai Demokrat yang merupakan anggota tertua di DPR RI untuk periode 2024-2029, dengan usia 78 tahun.

Kali ini, Zulfikar berhasil meraih kembali kursi wakil rakyat dengan perolehan suara sebanyak 50.927. Ia memiliki latar belakang pendidikan dari Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga Veteran dan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Sebelum bergabung dengan Partai Demokrat, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Indonesia Baru (PIB). Selain aktif di dunia politik Indonesia, ia juga memiliki banyak pengalaman kerja di sektor swasta.

Zulfikar pernah menjabat sebagai Direktur Operasi PT Timika Jaya Jakarta, Direktur PT Jasamina Pratama, Direktur Utama PT Arbes Guntung Prakasa, serta Direktur Utama PT Semagi Hotel Prakasa.

Guntur Sasono

Guntur Sasono adalah calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII. Ia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 dan menjadi anggota tertua kedua setelah rekannya di Partai Demokrat, Zulfikar Achmad.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, ia berhasil terpilih ke Senayan dengan perolehan 53.730 suara di daerah pemilihan Jawa Timur VIII.

Ini bukanlah kali pertamanya menjabat sebagai anggota DPR. Ia sudah tercatat sebagai anggota dewan sejak tahun 2004, sehingga ini menjadi periode kelimanya sebagai wakil rakyat di Senayan. Selama lima periode di DPR RI, Guntur Sasono pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di MPR RI dan sebagai anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Ia juga sempat aktif di Komisi I DPR RI.

Pria yang lahir di Madiun pada 2 Juli 1946 ini adalah mantan perwira TNI-ABRI dengan pangkat terakhir Kolonel (Purn). Saat ini, dia berusia 78 tahun, 2 bulan, dan 30 hari. Ia menempuh pendidikan di Akademi Militer Magelang, kemudian melanjutkan studi S1 Administrasi Negara di Universitas 17 Agustus di Surabaya.

Guntur juga meraih gelar S2 di bidang Administrasi Publik dari universitas yang sama. Selain itu, Guntur pernah menjabat sebagai anggota DPRD Tingkat II Kabupaten Madiun, DPRD Tingkat I Jawa Timur, dan sebagai Anggota DPR RI Komisi I pada periode 2009-2014.