Callista Aldenia.
Gaya Hidup

Desainer Bandung yang Pikat Billie Eilish Berbagi Tips Agar Karya Laku di Luar Negeri

  • Callista Aldenia Nugraha adalah salah satu desainer muda yang namanya mulai diperhitungkan di kancah dunia.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Callista Aldenia Nugraha adalah salah satu desainer muda yang namanya mulai diperhitungkan di kancah dunia. Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, karya sandangnya sudah banyak dipesan musisi terkenal seperti Billie Eilish, Tyler The Creator, Daniel Caesar hingga Emo Nite.

Mantan pasangan Elon Musk yang juga penyanyi populer, Grimes, juga pernah memesan pakaian dari desainer yang tergabung di jenama lokal Dressed Like Parents itu.Tentu bukan hal yang mudah bisa mennembus pasar internasional. Selain kualitas karya, ada sejumlah strategi yang harus diketahui untuk memasarkan produk desain lokal ke mancanegara. 

Callista pun memberikan tips agar produk lokal bisa laku di pasar luar negeri. Salah satu caranya ternyata simpel. Dia menggunakan caption berbahasa Inggris dalam setiap unggahan karyanya di media sosial. Hal itu membuat unggahan desainnya bis amasuk algoritma akun-akun luar negeri. “Saya promosi dressedlikeparents itu dengan caption bahasa Inggris. Jadinya banyak yang pesan dari luar negeri,” kata Ita, sapaan akrabnya, dikutip TrenAsia, Jumat 3 Maret 2023. 

Siswa Genrus Nusantara Boarding School (GNBS) Kendal ini juga menekankan originalitas dalam desain. Remaja yang akrab disapa Ita ini menyebut hasil karya sendiri akan lebih baik daripada meniru karya orang lain. “Buat anak muda yang mau jual thrift, mari kita rework. Tapi gunakanlah soul kita masing-masing. Yakin kalau itu lebih bagus daripada kalau kita contek desain orang,” ujar remaja asal Bojongloa Kidul, Kota Bandung itu.

Ia pun membeberkan jenis desain yang kini tengah digandrungi pasar luar negeri. Ternyata desain baju unik menjadi daya tarik tersendiri di bidang fashion thrift. “Saya lihat orang luar negeri kok kalau bikin baju desainnya unik dan aneh. Ternyata mereka bikin dari baju bekas. Dari situ saya berpikir, di Indonesia harus ada yang seperti ini juga,” kata dia.