Destinasi Kuliner yang Harus Dikunjungi Ketika Anda ke Pasar Gede Solo
Destinasi & Kuliner

Destinasi Kuliner yang Harus Dikunjungi Ketika Anda ke Pasar Gede Solo

  • Nah, berikut ini, TrenAsia.com merangkum destinasi kuliner yang wajib Anda kunjungi saat ke Pasar Gede Solo.
Destinasi & Kuliner
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pasar Gede adalah pasar tertua di Kota Solo. Keberadaan Pasar Gede menyajikan warisan peninggalan sejarah yang sarat budaya. Inilah mengapa pasar yang berlokasi di tengah-tengah Kota Solo ini layak untuk dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal. 

Jalan-jalan ke Pasar Gede tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas yang sering dijadikan jujugan banyak orang. 

Nah, berikut ini, TrenAsia.com merangkum destinasi kuliner yang wajib Anda kunjungi saat ke Pasar Gede Solo. 

1. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet, sebuah hidangan khas Solo yang dapat ditemukan di banyak tempat, termasuk di Pasar Gede. Salah satu destinasi kuliner nasi liwet yang menjadi jujugan banyak orang adalah Nasi Liwet Bu Sri. Nasi Liwet Bu Sri mulai buka dari jam 6 pagi sampai 12 siang.

Disajikan menggunakan wadah pincuk daun pisang. Seporsi nasi yang sudah dibumbui gurih basah ini akan dilengkapi berbagai lauk-pauk yang menggoda. Satu porsi Nasi Liwet ini berisi lauk mulai dari sayur labu siam, areh santan, tahu, telur pindang, ayam suwir, kulit, dan kerupuk dari beras. Penggunaan areh santan dan kulit ayam membuat rasa Nasi Liwet semakin gurih dan nikmat.

Alamat: Jl. Suryopranoto Jl. Timur Ps. Gede, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

2. Tengkleng Pasar Gede

Terdapat beberapa pilihan tempat makan tengkleng yang lezat di Pasar Gede. Tengkleng adalah hidangan berkuah dari daging dan tulang kambing. Menjadi kuliner ikonik Solo yang tidak boleh dilewatkan, salah satu destinasi tengkleng yang bisa Anda coba adalah Tengkleng Bu Suyek. 

Tengkleng Bu Suyek terbuat dari daging dan tulang kambing, disajikan berkuah dengan nasi hangat. Satu piring tengkleng berisi potongan daging kambing, jeroan, dan tulang kambing, dengan kuah berbumbu rempah ala gulai kambing.

Alamat:  Jl. Utara Pasar Besar No.34, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

3. Timlo Pak Sur

Timolo nikmat disantap ketika malam hari. Hidangan berkuah dan segar ini siap memanjakan lidah Anda dengan perpaduan toppingnya. 

Timlo Solo adalah sajian sop berkuah dengan irisan sosis Solo goreng, ati ampela, suwiran ayam, dan potongan telur masak kecap. Meskipun kuahnya bening, namun memiliki cita rasa kaldu ayam yang lezat, ditambah dengan bawang goreng. Nikmati dengan nasi putih hangat.

Jika Timlo Solo menjadi incaran Anda, ada baiknya mencoba mengunjungi Timlo Pak Sur. Buka dari jam 6 sore, lokasinya terletak di sebelah barat Tugu Jam Pasar Gede yang ikonik. Tempat ini selalu ramai di malam hari karena menyajikan sup timlo nikmat khas Solo.

Alamat: Jl. Suryopranoto, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

4. Es Dawet Telasih 

Di dalam bangunan Pasar Gede Solo, jangan lupa mencari kuliner tradisional, seperti Es Dawet Telasih. Salah satu penjual yang terkenal adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi.

Meskipun harus berjalan di area pasar yang ramai, tetapi Es Dawet khas Solo ini selalu diminati. Keunikan dari es dawet ini terletak pada sajian dalam mangkuk kecil dengan cendol hijau, tape ketan hitam, bubur sumsum, dan biji selasih. Semua disiram dengan kuah santan gurih dan disajikan dengan es batu untuk kesegaran.

Alamat: Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

5. Dimsum Uma Yum Cha

Kuliner hits di Lantai 2 Pasar Gede Solo adalah dimsum ala Uma Yum Cha. Tempat ini terkenal sebagai tempat dimsum halal yang populer di Solo. Dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau, Rp3 ribu per pcs, Uma Yum Cha menjadi pilihan banyak kalangan.

Dimsumnya beragam, mulai dari daging ayam, udang, lobster, wortel, jamur, kepiting hingga daging asap. Tersedia juga bakpao berbagai rasa seperti ayam, telur asin, vanilla, kombu, tuna pedas, taro ungu, dan wijen. Nikmati dengan saus sambal cocolan yang pedas, manis, dan gurih.

Alamat: Jl. Utara Pasar Besar No.34, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.