CEO Schroders Indonesia Michael T. Tjoajadi sebagai Ketua Dewan Juri memberikan kata sambutan dalam acara TrenAsia ESG Excellence 2022 yang berlangsung di Ritz Carlton Mega Kuningan, Rabu 19 Oktober 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 Apresiasi Para Nominator yang Sudah Terapkan Prinsip Keberlanjutan

  • Untuk diketahui, TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Dewan Juri dalam ajang penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 mengapresiasi para emiten yang menjadi nominator karena sudah menerapkan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam mewujudkan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

Ajang yang malam penganugerahannya jatuh pada tanggal 19 Oktober 2022 lalu ini melibatkan enam orang juri, yaitu Chie Executive Officer (CEO) PT Schroders Investment Management Indonesia Michael T. Tjoajadi, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.

Kemudian, Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mas Achmad Daniri, Direktur Departemen Riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setijawan, President Director Insitute for Sustainability and Agility Maria Rosaline Nindita Radyati, dan Pemimpin Redaksi PT Tren Media Berjejaring Adhitya Noviardi.

Michael T. Tjoajadi selaku ketua dewan juri mengatakan bahwa emiten-emiten yang mengedepankan aspek lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG dalam menjalankan bisnisnya sudah membuktikan bahwa mereka menjadi entitas yang tahan banting atas situasi ekonomi yang bergejolak.

Oleh karena itu, kampanye yang berhubungan dengan ekosistem berkelanjutan dan penerapan ESG bagi emiten-emiten Indonesia menjadi suatu hal yang sangat penting demi keberlanjutan bisnis mereka di Indonesia. 

“Melalui TrenAsia ESG Excellence 2022, kami optimis bahwa para investor di Indonesia akan menjadikan hal ini sebagai rujukan bagi investasi mereka di pasar modal Indonesia,” ujar Michael kepada TrenAsia beberapa waktu lalu.

Arsjad Rasjid selaku juri dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pun mengucapkan selamat kepada para penerima nominasi TrenAsia ESG Excellence 2022 serta mengapresiasi kinerja mereka dalam membangun bisnis dan industri yang lebih berkelanjutan. 

Arsjad pun menuturkan, penerapan prinsip ESG adalah suatu keharusan, tidak hanya sebagai bentuk tanggung jawab entitas bisnis terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik, tapi juga untuk investasi jangka panjang perusahaan itu sendiri.

Sementara itu, Mas Achmad Daniri dari KNKG menjelaskan bahwa dibutuhkan suatu perangkat untuk menjaga bisnis dan investasi yang berkelanjutan baik di tatanan global maupun domestik.

ESG pun hadir sebagai perangkat yang pada gilirannya dapat menjadi tolok ukur bagi para fund manager dalam memilih saham-saham perusahaan untuk mengembangkan portofolio investasi yang lebih bertanggung jawab. 

Dengan demikian, TrenAsia ESG Excellence 2022 yang diinisiasi oleh PT Tren Media Berjejaring sebagai ajang aksi dan upaya menjaga ekosistem keberlanjutan pun diharapkan dapat lebih mendorong para penerima penghargaan untuk terus menumbuhkembangkan upaya penerapan ESG dan memotivasi entitas bisnis yang lain untuk melakukan hal serupa.

“Semoga ajang penganugerahan TrenAsia ESG Excellence dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan iklim bisnis dan investasi yang sehat, tumbuh, dan berkembang,” tutur Achmad.

Edi Setijawan selaku perwakilan dari OJK memaparkan bahwa perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip ESG perlu diapresiasi. 

OJK sendiri menyiapkan kebijakan di bidang keuangan berkelanjutan (sustainability financing) yang mana di dalamnya diatur soal pemberian insentif kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan prinsip ESG dengan baik.

“Kami berharap juga dari kalangan-kalangan swasta ataupun di luar OJK juga memberikan penghargaan yang sama sebagai respect kepada upaya-upaya perusahaan kita untuk berkontribusi terhadap perubahan iklim dan keadilan sosial,” ucap Edi.

Maria Rosaline Nindita Radyati mengatakan, TrenAsia ESG Excellence 2022 sendiri merupakan kegiatan yang sangat baik karena perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghargaan akan merasa diharga atas upaya mereka dan memotivasi perusahaan lain. 

Bahkan, TrenAsia ESG Excellence 2022 pun dinilai Maria sudah menggunakan indikator penilaian yang cukup holistik dan sudah mengintegrasi kesepakatan taraf dunia terkait penerapan bisnis yang berkelanjutan. 

Oleh karena itu, Maria berharap pihak-pihak lain, termasuk media dan organisasi nonprofit, untuk terus memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan ESG dengan baik agar mereka bisa semakin termotivasi untuk mempertahankan dan terus menggenjot penerapan bisnis keberlanjutan.

“Dan juga memberikan bukti kepada publik bahwa dengan melakukan upaya berkelanjutan, itu ternyata berdampak positif kepada beneficiary, lingkungan hidup, dan pastinya kepada bisnis,” kata Maria. 

Terakhir, Pemimpin Redaksi PT Tren Media Berjejaring (TMB) Adhitya Noviardi mengungkapkan bagaimana implementasi ESG dapat menjadi salah satu langkah yang mampu mengangkat derajat ekonomi Indonesia di mata dunia saat situasi ekonomi tengah dipenuhi ketidakpastian.

Oleh karena itu, sebagai media yang berfokus pada bidang ekonomi, riset, dan investasi, TrenAsia yang bernaung di bawah nama TMB pun merasa berkepentingan untuk mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan yang menjalankan implementasi ESG. 

“Melalui ajang penghargaan ini, kami berharap para nominator, khususnya peraih penghargaan, tetap memperhatikan pentingnya aspek keberlanjutan,” kata Adhitya.

Untuk diketahui, TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. 

Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022 berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan bahwa berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. 

Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno di malam penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.