<p>Penjual jasa penukaran uang melayani konsumen di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu 23 Mei 2020. Memasuki H-1 lebaran, warga masih banyak menggunakan jasa penukaran uang di pinggir jalan tersebut guna mendapatkan uang kertas baru pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000, dengan biaya jasa sebesar Rp5000. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Di Level Pesimistis, Indeks Keyakinan Konsumen September 2020 Hanya 83,4

  • JAKARTA – Dalam laporan terbaru, Bank Indonesia melaporkan penurunan indeks keyakinan konsumen (IKK) pada September 2020 menjadi 83,4 dari sebelumnya 86,9 pada Agustus. Tertahannya perbaikan IKK terjadi di seluruh kategori responden dengan ttingkat pengeluaran dan kelompok usia berbeda. BI mensinyalir dalam tertahannya perbaikan IKK adalah turunnya ekspektasi konsumen terhadap ekonomi enam bulan mendatang. Hal itu […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Dalam laporan terbaru, Bank Indonesia melaporkan penurunan indeks keyakinan konsumen (IKK) pada September 2020 menjadi 83,4 dari sebelumnya 86,9 pada Agustus.

Tertahannya perbaikan IKK terjadi di seluruh kategori responden dengan ttingkat pengeluaran dan kelompok usia berbeda.

BI mensinyalir dalam tertahannya perbaikan IKK adalah turunnya ekspektasi konsumen terhadap ekonomi enam bulan mendatang.

Hal itu disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya, meskipun berada pada level optimistis.

Sementara itu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini menurun, seiring keyakinan konsumen terhadap penghasilan dan pembelian barang tahan lama yang turun.

Indeks Ekspektasi Konsumen

Pelemahan tersebut tercermin dari indeks ekspektasi konsumen (IEK) yang turun dari 118,2 pada Agustus 2020 menjadi 112,6 pada September. Artinya, IEK saat ini masih berada pada level pesimis (<100).

Penurunan IKK September 2020 terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp3,1-4 juta per bulan.

Dari sisi usia, penurunan IKK terjadi pada seluruh kelompok usia responden, dengan kontraksi paling dalam berada pada usia di atas 60 tahun.

Sementara secara spasial, penurunan keyakinan konsumen pada September 2020 terjadi di 13 kota survei, dengan kontraksi paling curam terjadi di DKI Jakarta (-14,4 poin), Denpasar (-12,3 poin), dan Padang (-10,2 poin).

Meskipun turun secara month to month, rerata IKK pada kuartal III-2020 sebesar 85,5 sudah membaik dibandingkan kuartal II-2020. Namun masih jauh lebih rendah dari catatan IKK pada kuartal III-2019 yakni 123,2.