<p>Peternak Hewan Kurban/ Sumber: Dompet Dhuafa</p>
Industri

Di Malang, Ada KUR Khusus Buat Peternak

  • MALANG – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JAPFA) melalui anak usahanya PT Santosa Agrindo (Santori) bekerja sama dengan perbankan memberikan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi peternak sapi di Bumi Kemitraan Santori, Gunung Kawi, Malang. Bank yang bekerja sama, yakni PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. atau BCA dan Bank Perkreditan Rakyat Karya Perdana Sejahtera […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

MALANG – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JAPFA) melalui anak usahanya PT Santosa Agrindo (Santori) bekerja sama dengan perbankan memberikan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi peternak sapi di Bumi Kemitraan Santori, Gunung Kawi, Malang.

Bank yang bekerja sama, yakni PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. atau BCA dan Bank Perkreditan Rakyat Karya Perdana Sejahtera (BPR KPS).

Head of Cattle Fattening Santori Safuan Kasno Soewondo menyebut penyaluran kredit diberikan bagi peternak untuk meningkatkan populasi dan produk ternak sapi nasional.

“Secara tidak langsung, hal ini juga berdampak pada pemberdayaan peternak lokal dan peningkatan ekonomi daerah,” kata Kasno dalam siaran tertulis yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 2 September 2020.

Dalam kerja sama tersebut, BCA akan menyerahkan KUR senilai Rp6,8 miliar melalui BPR KPS sebagai mitra Santori. Pada tahap awal, terdapat 12 peternak mitra yang diberikan fasilitas pinjaman KUR dengan bunga 6% per tahun untuk membeli pedet Santori berusia 4 bulan, dengan berat rata-rata sebesar 140-150 kilogram (kg) per ekor.

Selain itu, peternak akan diberikan pendampingan dan fasilitas kandang di atas lahan seluas 1,7 hektar. Fasilitas ini didedikasikan untuk menjadi area pengggemukan bagi sapi-sapi peternak mitra.

Setelah 8 bulan proses penggemukkan, nantinya sapi-sapi tersebut akan dibeli kembali oleh Santori ataupun pihak lainnya. Pada tahap pertama, akan ada 100 ekor sapi F1 Nelore untuk program kemitraan tersebut dengan total target sebanyak 400 ekor sapi.

“Diharapkan sapi tersebut dapat dikontrol dalam hal pemberian pakan dan penggunaan perlengkapan lainnya. Dengan demikian, kualitas sapi akan terjamin sehingga dapat membuat harga jual sapi menjadi lebih tinggi,” tambahnya.

JAPFA sendiri merupakan perusahaan dengan lini bisnis, meliputi produksi pakan ternak, pembibitan ayam, peternakan komersial dan pengolahan hasil peternakan, budidaya perairan, peternakan sapi, serta perdagangan dan lain-lain.