Delegasi Korea Selatan dalam ajang FHI Indonesia
Nasional

Di Pameran FHI 2023, Perusahaan Korea Selatan Capai Kesepakatan Rp125,8 Miliar dengan Konsumen Lokal

  • Delapan perusahaan ekspor asal Korea Selatan memamerkan berbagai produk makanan yang menarik perhatian para pembeli lokal yang datang ke pameran.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA – Penyelenggaraan pameran perdagangan internasional terbesar di Indonesia, Food and Hotel International (FHI) Jakarta 2023, menghasilkan berbagai kesepakatan bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan. Selain itu Pameran yang menampilkan berbagai macam makanan, dan budaya Korea Selatan tersebut menyedot perhatian banyak pengunjung.

Dilansir dari siaran pers Rabu, 2 Agustus 2023, Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation perusahaan produsen makanan asal Korea Selatan, mencapai kesepakatan ekspor senilai US$8.39 juta atau sekitar Rp125,8 miliar dengan konsumen lokal asal Indonesia. Delapan perusahaan ekspor asal Korea Selatan memamerkan berbagai produk makanan yang menarik perhatian para pembeli lokal yang datang ke pameran.

Dalam pameran tersebut Korea Selatan menampilkan "Paviliun Korea" yang diprakarsai oleh Kementerian Pertanian, Pangan, dan Urusan Pedesaan, berbagai produk-produk makanan Korea ditampilkan dalam ajang tersebut. Produk seperti ginseng merah dan berbagai produk segar buah buahan turut ditampilkan. Selain itu, produk saus Korea dan makanan ringan populer juga turut dipamerkan.

Salah satu sorotan utama dalam pameran tersebut adalah penampilan teknik  memasak oleh koki asal Korea Selatan yang menarik perhatian generasi Milenial dan Z di Indonesia. Delapan hidangan Korea yang menggugah selera disajikan oleh koki influencer dengan mengusung empat tema khas negeri ginseng, yaitu K-Street Food, K-Pancake, K-Home Food, dan K-Soul Food. 

Hidangan lezat seperti tteokbokki, kimbab, pajeon, kimchi jeon, kimchi bokkeumbap, bulgogi, japchae, dan ayam bumbu, berhasil mengundang decak kagum dari para pengunjung. Seluruh resep hidangan tersebut juga dapat diakses pengunjung dalam buku resep khusus yang dapat di download dengan memindai kode QR, buku resep ini memudahkan para penggemar kuliner untuk mencoba masakan khas Korea di rumah.

Paviliun Korea juga menargetkan pasar halal lokal dengan menyediakan promosi K-Halal, di mana berbagai makanan halal Korea yang telah terdaftar di Otoritas Sertifikasi Halal dipamerkan. FHI Jakarta 2023 telah membuktikan potensi besar kedua negara dalam industri makanan dan memperkuat hubungan bilateral di bidang perdagangan dan ekonomi.