Pemandangan apartemen hunian di malam hari di pengembangan Forest City Country Garden di Johor Bahru, Malaysia (Reuters/Edgar Su)
Properti

Di Tengah Stagnasi, Properti Apartemen Sambut Dua Proyek Baru

  • Tidak ada apartemen baru yang rampung. Total pasokan tetap 226.815 unit.

Properti

Debrinata Rizky

JAKARTA - Colliers Indonesia salah satu konsultan properti mengungkapkan pasar properti apartemen tengah menyambut dua proyek baru berlokasi di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan bernama LRT City – Tebet (Tower Lotus) dan Edensuite Casablanca diperkenalkan dengan total 434 unit.

Senior Associate Director Colliers Indonesia Ferry Salanto menjelaskan, sesuai dengan prediksi kuota sebelumnya tidak ada proyek apartemen baru hingga kuartal III-2024 selesai. Sehingga total pasokan apartemen masih tetap di angka 226.815 unit.

“Tidak ada apartemen baru yang rampung. Total pasokan tetap 226.815 unit ,” jelasnya dalam konferensi pers, Rabu 2 Oktober 2024.

Diperkirakan 9 projek (4.756 unit) akan rampung di Q4 2024. Mayoritas dijadwalkan rampung pada Desember 2024. Diperkirakan pasokan kumulatif pada tahun 2024 akan menjadi lebih tinggi 2.5% dibandingkan tahun 2023.

Kondisi Apartemen di Sepanjang Jalur LRT yang Sudah Beroperasi

Ferry menyebut, mayoritas proyek masih on progress di mana akan ada banyak tower baru ke depan. Walaupun harganya cukup terjangkau Rp500 juta – Rp1 milyar, namun masih belum menarik di mata konsumen.

Sehingga Colliers memperkirakan mayoritas membeli apartemen merupakan seorang investor yang akan menyewakan kembali apartemennya bukan end user. Ferry menyarankan developer untuk terus menggenjot fasilitas agar calon konsumen yakin dengan proyek.

Dari sisi harga, apartemen di sepanjang jalur LRT kenaikannya sekitar 1,2% (YoY) dibanding rata-rata apartemen komersil lainnya di Jakarta 0,3% YoY. Diperkirakan pasar apartemen Jakarta tumbuh positif di akhir 2024 dan awal 2025 didukung oleh pasokan yang lambat dan pembeli end-user.