<p>Burung gagak Merlina/Historic Royal Palaces</p>
Gaya Hidup

Dibayangi Legenda Buruk, Ratu Gagak Tower of London Hilang

  • LONDON-Salah satu gagak ikonik yang tinggal di Tower of London atau Menara London hilang, dan para pejabat mengkhawatirkan sesuatu yang terburuk. Akankah menara itu runtuh, seperti yang diperingatkan oleh legenda? Merlina, seekor gagak betina (Corvus corax), bergabung dengan komunitas corvid di menara pada tahun 2007, Sejak itu gagak tersebut menjadi penguasa yang ditandai dengan bertengger […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Salah satu gagak ikonik yang tinggal di Tower of London atau Menara London hilang, dan para pejabat mengkhawatirkan sesuatu yang terburuk. Akankah menara itu runtuh, seperti yang diperingatkan oleh legenda?

Merlina, seekor gagak betina (Corvus corax), bergabung dengan komunitas corvid di menara pada tahun 2007, Sejak itu gagak tersebut menjadi penguasa yang ditandai dengan bertengger di tempat  khusus.

Tapi Merlina, salah satu dari tujuh burung gagak kerajaan di menara, telah hilang selama beberapa minggu, “Dan ketidakhadirannya yang terus menerus menunjukkan kepada kami bahwa dia mungkin telah meninggal dengan sedih,” tulis pengelola menara di Twitter.

Menara London, di Inggris Raya, adalah benteng tinggi yang dibangun oleh William the Conqueror. Dia memulai pembangunannya pada 1070-an, dan raja-raja lainnya semakin memperbesar dan memperkuat bangunan itu. Di dalam tembok bentengnya, raja dan ratu Inggris telah memenjarakan pengkhianat hingga menempatkan mahkota. Di tempat ini dilakukan eksekusi penjahat, jadi gudang senjata dan menimbun perhiasan berharga.

Selain itu juga ada rumah untuk sekelompok kecil burung gagak. Pada zaman Charles II – Raja Skotlandia, Inggris dan Irlandia dari 1660 hingga 1685 – menyatakan bahwa sedikitnya enam gagak harus hidup di menara secara bersamaan. Jika tidak mahkota dan Menara itu akan jatuh jika burung-burung itu eprgi.

Burung Cadangan

Menurut website Historic Royal Palaces (HRP) saat ini, ada tujuh burung gagak yang tinggal di sana dengan enam burung “resmi” dan satu cadangan. Merlina, bersama dengan Erin, Grip, Harris, Jubilee dan Poppy, menempati penginapan di Tower’s South Lawn.  Tidak disebutkan nama burung cadangan.

Salah satu Penjaga Menara, yang dikenal sebagai Beefeater atau Penjaga Yeoman, juga ditunjuk sebagai Ravenmaster, yang bertugas merawat burung. Christopher Skaife adalah Ravenmaster saat ini.

“Merlina adalah burung gagak yang berjiwa bebas dan dia menghilang sekitar waktu Natal,” kata Skaife kepada BBC News pada 14 Januari 2021. Bulu di sayap burung gagak Menara secara teratur dipangkas untuk menjaga burung tetap dekat dengan rumah, meskipun burung masih bisa untuk terbang jarak pendek. Terlepas dari tindakan pencegahan ini, beberapa gagak yang lebih suka berpetualang masih berhasil terbang terlalu jauh.

“Ada sejarah panjang dan bertingkat tentang burung gagak yang terlihat di sekitar daerah setempat, termasuk sepasang burung yang dulu bersarang di Katedral St Paul,” kata perwakilan HRP kepada Live Science melalui email.

“Pada tahun 2011, salah satu gagak saat ini – Munin – mencapai Greenwich [berjarak 8 kilometer dari London], sebelum dikembalikan seminggu kemudian. Namun, gagak umumnya memilih untuk tinggal di Menara, tempat mereka cukup makan dan dirawat oleh Ravenmaster dan timnya, ” kata mereka.

Sayangnya, ketidakhadiran Merlina yang berkepanjangan menunjukkan bahwa “ratu” yang telah lama berdiri tidak akan pernah kembali ke rumah. “Dia akan sangat dirindukan oleh rekan-rekan gagaknya, Ravenmaster dan kita semua di komunitas Menara,” cuit perwakilan menara.