Istana Presiden di IKN Nusantara.
Nasional

Dicari Ekonom Andal Untuk Pimpin Riset di IKN!

  • Tertarik untuk bergabung? lampirkan CV beserta 5 contoh karya Anda di sini.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah mencari kandidat Kepala Ekonom atau Chief Economist untuk memimpin pengembangan penelitian ekonomi di kawasan tersebut.

Kepala Ekonom sendiri didefinisikan sebagai posisi yang memiliki tanggung jawab utama untuk pengembangan, koordinasi, dengan ruang lingkup tanggung jawab yang meliputi perencanaan, pengawasan, penyebaran informasi dan koordinasi penelitian ekonomi.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalamunggahannya di media sosial LinkedIn menyatakan kandidat terpilih nantinya akan merancang, melakukan, dan mengawasi studi dan penelitian ekonomi terkait capaian Ibu Kota Nusantara dalam meraih cita-citanya menjadi kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan. 

"Saat ini saya sedang mencari ekonom andal untuk menjadi Kepala Ekonom Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN). Apakah Anda seorang ekonom yang ingin menjadi bagian dari sejarah modern Indonesia?,” tulis Bambang dikutip Kamis, 2 Februari 2023.

Cakupan atau ruang lingkupnya termasuk melakukan analisis ekonomi makro, kajian ekonomi regional, dan pembangunan ekonomi perkotaan.

Kandidat terpilih juga akan mengawasi data ekonomi dan statistik yang berkontribusi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara. Ia juga akan secara efektif mengkomunikasikan agenda ekonomi Ibu Kota Nusantara dan berada di garis depan dalam melibatkan pemangku kepentingan terkait dalam kebijakan ekonominya..

Kandidat ideal adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki pemahaman dan pengalaman yang kuat dalam bekerja di bidang terkait di Indonesia. Kandidat juga perlu menunjukkan kemampuan untuk berkolaborasi dalam penelitian ekonomi, menyebarluaskan hasil dan melibatkan pemangku kepentingan yang berbeda dalam topik ekonomi.

Tidak dijelaskan terkait kompensasi atau benefit yang akan diterima kandidat terpilih. Namun sebagai gambaran, Bambang Susanto sendiri digaji sekitar Rp172 jutaan per bulan sebagai Kepala Otorita IKN.

Tertarik untuk bergabung? lampirkan CV beserta 5 contoh karya Anda di sini.