Mendag Zulkiflin Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto usai pelantikan
Nasional

Digantikan Hadi Tjahjanto, Ini Pesan Sofyan Djalil Usai Lengser jadi Menteri ATR/BPN

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pergantian pada posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) dari Sofyan Djalil ke Hadi Tjahjanto.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pergantian pada posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) dari Sofyan Djalil ke Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) periode 2017-2021.

Staf Khusus Menteri ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi mengatakan, sebelumnya Sofyan Djalil sudah bertemu Presiden Jokowi sehari sebelum pengumuman reshuffle. Artinya, persoalan pergantian jabatan tersebut sudah selesai.

Kemudian untuk serah terima jabatan (sertijab) akan berlangsung Selasa, 15 Juni 2022 antara pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Menurut beliau (Sofyan Djalil), Pak Hadi ini orang yang sangat berjasa. Kenapa sangat penting, karena beliau ini orang dibalik yang mengamankan Pak Jokowi," kata Taufiqulhadi dalam keterangan pers, Selasa, 15 Juni 2022.

Ia menambahkan, pada masa pandemi COVID-19, Hadi Tjahjanto dinilai sangat bersemangat mendukung Jokowi. Sehingga hal itu lah membuat Hadi sangat terlibat di dalam pemerintahan.

"Menurut Pak Menteri orangnya baik. Kemudian karena beliau orangnya commited terhadap Pemerintah Jokowi untuk jadi lebih baik," pungkasnya.