Cakap, start up edutech
Industri

Diguyur Pendanaan dari MDI Ventures Cs, Start Up Cakap Naik Kelas jadi Centaur

  • Start up bidang edukasi, Cakap mengantongi pendapaan Seri C1 dari sejumlah investor seperti MDI Ventures dan Heritas Capital
Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Start up bidang edukasi, Cakap mengantongi pendapaan Seri C1 dari sejumlah investor seperti MDI Ventures dan Heritas Capital.

Dengan pendanaan yang tidak disebutkan nilainya ini, valuasi Cakap naik menjadi senilai US$100 juta atau setara dengan Rp1,48 triliun (asumsi Rp per dolar Amerika Serikat). Dengan valuasi terbaru ini, Cakap naik kelas menjadi Centaur atau satu tingkat di bawah Unicorn yang memilki valuasi sekitar US$1-10 miliar.

Pendanaan ini diperoleh setahun setelah Cakap mendapatkan kucuran dana dari Indonesia Impact Fund (IFF). Cakap juga diketahui mendapatkan US$10 juta dari putaran Seri B pada Desember 2021 yang dipimpin oleh Centauri Fund dan Heritas Capital.

Selain itu pada putaran Seri A+, Cakap mendapatkan US$3 juta dari investor yang dipimpin oleh Heritas Capital pada tahun sebelumnya. Berdasarkan keterangan pers, pendanaan ini akan digunakan perusahaan untuk mengembangan pengajaran hybrid alias offline dan online.

Cakap mengatakan, pengajaran model hybrid akan menjadi motor penggerak tahun ini di samping ekspansi perusahaan ke wilayah timur Indonesia. 

“Dengan lebih banyak opsi pembelajaran, kami berharap bisa menjembatani antara keinginan dan kebutuhan,” kata Co-Founder dan CEO Cakap, Tomy Yunus, dikutip Kamis 13 April 2023.