Konferensi pers persiapan penyelenggaraan  olimpiade tingkat internasional bidang fisiologi Inter-medical School Physiology Quiz (IMSPQ) 2023
Nasional

Diikuti Mahasiswa 14 Negara, UGM Jadi Jadi Tuan Rumah Olimpiade Fisiologi

  • Olimpiade ini akan berfokus pada pemahaman tentang fungsi organ tubuh dan berlangsung dalam bentuk written test dan oral quiz.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

YOGYAKARTA- Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM didaulat menjadi tuan rumah olimpiade fisiologi tingkat internasional, Inter-medical School Physiology Quiz (IMSPQ) 2023.

IMSPQ adalah ajang kompetisi antar mahasiswa kedokteran dari berbagai negara untuk menguji pengetahuan dalam bidang fisiologi. Olimpiade ini akan berfokus pada pemahaman tentang fungsi organ tubuh dan berlangsung dalam bentuk written test dan oral quiz.

“Olimpiade akan melombakan pengetahuan tentang fungsi organ tubuh,” ungkap Steering committee IMSPQ, Dr. dr. Dicky Moch. Rizal, dilansir dari ugm.ac.id, selasa 25 Juli 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan pada  29-30 Juli dan diikuti oleh 70 tim delegasi, yang terdiri dari sekitar 210 mahasiswa, dan 100 -150 orang dosen pendamping dari 70 universitas di 14 negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan China akan berpartisipasi dalam IMSPQ.

Kesempatan ini merupakan kedua kalinya FKKMK UGM ditunjuk sebagai tuan rumah IMSPQ, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada tahun 2016 dengan menghadirkan 83 tim dari 5 benua. Olimpiade tahun ini merupakan kegiatan ke-19 dan merupakan yang pertama kali diadakan secara luring setelah pandemi.

written test akan diselenggarakan pada hari pertama, written test terdiri dari 100 soal tipe benar-salah untuk menguji pemahaman peserta tentang berbagai fungsi sistem tubuh manusia. 

Penentuan peringkat tim dilakukan berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dalam written test. 30 tim terbaik akan melaju ke sesi oral quiz pada hari kedua, yang akan memperebutkan tempat di babak semifinal dan final untuk menjadi juara dan memenangkan piala Prof. A. Raman, seorang profesor fisiologi dari Universiti Malaya.

Selain kompetisi, IMSPQ juga akan mengadakan seminar tentang fisiologi dengan mendatangkan ahli dari Brody School of Medicine at East Carolina University, Amerika Serikat, dr. Robert G Caroll, Ph.D. Acara ini juga akan menampilkan pameran budaya dan cultural night yang akan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan dari 9 negara peserta.

FKKMK UGM berharap dapat memperkuat reputasinya di dunia internasional khususnya dalam bidang fisiologi melalui penyelenggaraan IMSPQ. Diharapkan kegiatan ini dapat memperluas kerja sama dan kolaborasi dalam bidang Ilmu Dasar Kedokteran, utamanya fisiologi. Tim FKKMK UGM telah mendapat pendampingan intensif selama dua bulan terakhir, diharapkan dengan pendampingan tersebut Tim FKKMK UGM dapat meraih prestasi lebih baik dengan mencapai posisi tiga besar.