Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Nasional

Diisukan Jadi Kandidat Gubernur BI, Begini Respons Sri Mulyani

  • Isu itu beredar seiring dengan masa jabatan Perry yang mendekati masa akhirnya, tepatnya pada Mei 2023 mendatang.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Beredar isu yang menyatakan bahwa Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu kandidat gubernur Bank Indonesia (BI) berikutnya menggantikan Perry Warjiyo.

Isu itu beredar seiring dengan masa jabatan Perry yang mendekati masa akhirnya, tepatnya pada Mei 2023 mendatang.

Dalam konferensi pers Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2023 di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa, 31 Januari 2023, Sri Mulyani pun menanggapi pertanyaan ihwal kabar burung tersebut.

Dikatakan oleh Sri Mulyani yang kebetulan duduk di samping Perry selama konferensi pers berlangsung, proses penetapan jabatan gubernur BI akan dijalankan sesuai dengan Undang-undang (UU).

"Kalau mengenai gubernur BI, itu sudah diatur dalam UU, itu prosesnya sudah ada," ujar Sri Mulyani menanggapi pertanyaan wartawan.

Sri Mulyani menambahkan bahwa ia bersama Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar tetap fokus mengerjakan apa yang sudah menjadi kewajibannya sebagai anggota KSSK.

"Kami berempat tetap fokus mengerjakan apa yang ada di dalam KSSK karena ini adalah tugas utama kita, yaitu menjaga stabilitas sistem keuangan dan menjaga pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani.

Untuk diketahui, nama Sri Mulyani disebut-sebut sebagai salah satu calon pengganti Perry Warjiyo dalam isu yang beredar.

Selain Sri Mulyani, Perry sendiri diisukan akan kembali terpilih sebagai pemegang jabatan gubernur bank sentral Indonesia.