Iman Rachman..jpeg
Nasional

Dikabarkan Jadi Direktur Utama BEI, Simak Sepak Terjang hingga Kepemilikan Harta Iman Rachman

  • Nama Iman Rachman mendadak jadi perbincangan, pasalnya pria dengan gelar  Master of Business Administration in Finance dari Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris (1997) dikabarkan menjadi Direktur Utama dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2022-2026.
Nasional
Merina

Merina

Author

JAKARTA- Nama Iman Rachman mendadak jadi perbincangan lantaran resmi menjabat Direktur Utama dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2022-2026.

Berdasarkan rangkuman TrenAsia, sebelum menjabat sebagai pentolan BEI terbaru, Iman Rachman merupakan Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-198/MBU/06/2020 yang diangkat pada 12 Juni 2022.

Sebelum menjabat di Pertamina, Iman telah terlebih dahulu menjabat di beberapa posisi antara lain Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (2019-2020), Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (2016-2018), dan Direktur Investment Banking PT Mandiri Sekuritas (2003-2016).

Dari segi pendidikan, sebelum mendapatkan gelar master di Inggris, Iman menempuh pendidikan sarjana Fakultas Ekonomi di Universitas Padjajaran Bandung.

Kemudian, ia meraih gelar Master of Business Administration in Finance dari Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris (1997).

Harta Kekayaan

Sementara dari segi kepemilikan harta, dilansir dari rata LHKPN, Iman Rachan memiliki jumlah kekayaan mencapai Rp38,81 miliar, yang mana harta tersebut berasal dari kepemilikan tanah yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan nilai total Rp12,7 miliar, Tangerang Selatan Rp550 juta, dan Depok Rp350 Juta.

Kemudian, Iman memiliki tiga kendaraan roda empat dengan nilai total Rp1,63 miliar, kemudian Iman memiliki sejumlah harta bergerak lainnya dengan nilai Rp1 miliar, lalu surat berharga Rp632,34 juta, kas yang digenggam Rp24,6 miliar dan harta lainnya Rp27,38 juta.Di sisi lain, Iman memiliki hutang kekayaan Rp2,67 miliar.

Sebelumnya, santer dikabarkan bahwa Iman Rachman telah ditunjuk menjadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, yang seiringan dengan pengajuan calon anggota Direksi PT Bursa Efek Indonesia yang disampaikan oleh 4 kelompok anggota bursa kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).