Pengunjung melintas di area tetant salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Dikenal Boros Berikut 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Milenial

  • Generasi milenial adalah generasi yang cenderung tidak terlalu tertarik pada industri ekonomi. Padahal generasi milenial adalah generasi yang telah melihat kemajuan teknologi dan besarnya perkembangan ekonomi dalam hidup mereka. Generasi milenial terjebak dalam gaya hidup yang kontenporer yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. 
Gaya Hidup
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Generasi milenial adalah generasi yang cenderung tidak terlalu tertarik pada industri ekonomi. 

Padahal generasi milenial adalah generasi yang telah melihat kemajuan teknologi dan besarnya perkembangan ekonomi dalam hidup mereka. Generasi milenial terjebak dalam gaya hidup yang kontenporer yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. 

Menurut survei yang dilakukan oleh GoBanking Rates, generasi milenial ternyata jauh lebih boros dibanding generasi sebelumnya.

 Tidak Kalah dari Indra Kenz, Inilah 5 Orang yang Rela Berbohong untuk Pamer Harta Kekayaan

Untuk mengatasi persoalan keuangan berikut tips mengatur keuangan untuk para milenial:

1. Mengatur pengeluaran bulanan anda

Usahakan selalu untuk membuat daftar tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, dengan cara ini anda memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang harus diarahkan ke tujuan mana dan untuk berapa lama.

2. Kelola uang anda

Secara umum tabungan adalah sumber kehidupan untuk masa depan, ada baiknya membahas seberapa banyak harus menabung. 

Pakar keuangan biasanya menyarankan untuk menggunakan rasio 50-30-20. 50% dari gaji bisa digunakan untuk pengeluaran saat ini seperti sewa rumah, biaya perjalanan, dan makanan, 30% untuk pengeluaran pribadi seperti pakaian, dll dan 20% untuk tabungan.

 Cara Mencegah Kejahatan Skimming yang Bisa Bikin Uang di Rekening Langsung Ludes

3. Memiliki asuransi adalah suatu keharusan

Memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Merawat diri sendiri dan orang yang anda cintai dalam keadaan yang tidak terduga bukanlah suatu kemewahan tetapi suatu keharusan.

 Asuransi tidak hanya melindungi anda dari risiko pengeluaran untuk biaya Kesehatan, hal ini akan menghemat uang dalam jangka panjang.

4. Investasi

Ada beberapa pilihan investasi seperti Reksa Dana, Saham, Obligasi, Emas, Deposito Berjangka dan sebagainya. Jika tabungan anda rendah atau tidak memiliki tabungan sama sekali, mulailah dari yang kecil dengan Rencana Investasi Sistematis (SIP) sehingga Anda dapat memulai tanpa mengorbankan kondisi keuangan anda saat ini.

5. Perencanaan masa tua

Perencanaan pensiun merupakan salah satu tujuan utama dari perencanaan keuangan. Jenis tabungan, investasi, dan keputusan keuangan yang anda buat hari ini akan berdampak langsung pada masa pensiun anda nantinya. Mulailah berinvestasi dalam skema yang dirancang khusus untuk membantu anda selama masa pensiun anda.