<p>Pengendara mengisi bahan bakar secara mandiri (self service) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa, 13 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Dikuras Pemudik, Pertamina Jamin Stok BBM Tetap Terjaga Pasca Lebaran

  • PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) aman pasca lebaran Idulfitri 2022.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap mencukupi pasca lebaran Idulfitri 2022. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati meyakinkan, pemudik yang masih melakukan arus balik mudik tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan bakar.

"Secara umum stok dan penyaluran BBM saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Pertamina menjamin seluruh layanan BBM, khususnya Solar, Pertalite, Pertamax dan Avtur dalam kondisi normal," kata Nicke dalam keterangan resmi, dikutip Senin, 9 Mei 2022.

Nicke mengakui, Pertamina mencatat lonjakan konsumsi BBM sampai 41% selama musim libur Lebaran 2022. Padahal selama ini, lonjakan konsumsi tertinggi hanya di angka 11%.

Jika dilihat dari data yang ada, permintaan BBM mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni sekitar 43%-58%. Peningkatan tersebut berasal dari Jalur Tol Trans Jawa, Jalur Pantura (non tol) dan Jalur Selatan Jawa (non tol) pada saat puncak arus mudik dan balik.

Stok BBM yang aman, berhasil dijaga berkat pengawasan melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC). PIEDCC ini mengelola data secara terintegrasi dari hulu ke hilir selama 24 jam secara realtime, baik itu untuk BBM, gas hingga Avtur.

Selain itu, tim PIEDCC juga melakukan analisa data menjadi infomasi, melakukan mendeteksi data, anomali, menguji keandalan data serta menyusun executive summary dan rekomendasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan.

Pertamina juga telah mengoptimalkan seluruh infrastruktur secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi dan operasional kilang, pengangkutan kapal hingga penyaluran ke SPBU.

Lebih dari 7.000 SPBU dipastikan stok aman, termasuk 1.370 SPBU di wilayah jalur potensial (jalur tol, jalur wisata, jalur logistik) beroperasi 24 jam. lalu ada lebih dari 48 ribu agen dan outlet LPG juga telah siaga hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idulfitri.

Tidak ketinggalan Pertamina juga mengoperasikan 84 Kiosk Pertamina Siaga yang tersebar di 47 lokasi menyediakan Pertamax dan Dex series. Juga mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM juga disiapkan hingga 154 unit.