Tanah kering akibat cuaca panas yang menerpa
Dunia

Dilanda Kekeringan, Pemerintah AS akan Batasi Ukuran Kolam Renang Agar Tak Boros Air

  • Pemerintah Las Vegas, Amerika Serikat (AS) akan menetapkan aturan mengenai pembatasan ukuran kolam renang di tengah kekeringan yang saat ini tengah melanda sejumlah wilayah
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

NEVADA - Pemerintah Las Vegas, Amerika Serikat (AS) akan menetapkan aturan mengenai pembatasan ukuran kolam renang di tengah kekeringan yang saat ini tengah melanda sejumlah wilayah.

Langkah yang diambil oleh pemerintah wilayah Clark County ini bertujuan untuk mengurangi jumlah limbah air.  Pemerintah Clark County menetapkan bahwa ukuran kolam renang dilarang melebihi 55,7 meter persegi, seperti dikutip dari New York Post

Negara bagian terbesar di Nevada tersebut memiliki sekitar 200.000 kolam renang rumahan bagi sekitar 2,4 juta penduduk. 

“Memiliki kolam renang di Las Vegas sama seperti memiliki mobil kedua. Begitu umum,” ujar Kevin Kraft, pemilik perusahaan desain kolam renang rumah.

Keputusan ini diambil di tengah mengeringnya Waduk Mead yang merupakan penyimpanan air AS terbesar akibat gelombang panas yang menerjang benua Amerika dan Eropa. 

Dengan peraturan ini, sekitar 3,2 juta galon air (12,1 triliun liter) akan tersimpan pada tahun pertama penetapan. Angka itu akan mencapai titik 32 juta (121,1 triliun) pada tahun 2032 mendatang. 

Otoritas Air Nevada Selatan akan berusaha untuk mulai menerapkan peraturan itu tahun ini. Aturan ini hanya akan berlaku untuk kolam renang dan spa yang masih baru di rumah keluarga tunggal.

“Kami yakin dapat menyediakan air untuk kebutuhan manusia sembari melestarikan air bagi tumbuhan dan satwa,” kata Jaina Moan, direktur Nature Conservancy di Nevada kepada Las Vegas Sun

Selain peraturan mengenai luas kolam, pemerintah Nevada juga akan menghapus rumput dan menggantinya dengan rumput buatan agar tidak membutuhkan air. 

Peraturan yang akan berlaku mulai tahun 2027 itu akan melarang rumput 'non-fungsional' dari pembangunan perumahan. Ini tidak termasuk taman, lapangan golf, atau rumah keluarga tunggal.