Jenderal Agus Subiyanto saat diambil sumpahnya sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Rabu 21 November 2023
Nasional

Dilantik Jokowi, Agus Subiyanto Resmi Panglima TNI

  • Jenderal Agus Subiyanto resmi menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu 22 November 2023. A
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Jenderal Agus Subiyanto resmi menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu 22 November 2023. Acara pelantikan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dengan dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Acara pelantikan dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI oleh Sekretaris Militer Presiden. “Keputusan Presiden Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI,” ucap Sekretaris Militer Presiden Laksamana Madya Hersan, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden. 

Selanjutnya dilajutkan dengan prosesi penyematan tanda pangkat dan penyerahan tongkat komando kepada Jenderal Agus Subiyanto oleh Presiden Jokowi. Presiden kemudian mengambil sumpah jabatan dari Jenderal Agus Subiyanto dengan meminta untuk menirukan kata-katanya. 

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Presiden membacakan sumpah.

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Jenderal Agus Subiyanto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi bergantian menandatangani berita acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Panglima TNI sebelumnya Laksamana Yudo Margono bersama sejumlah pejabat negara lainnya seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL Laksamana Muhammad Ali, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala BIN Budi Gunawan

Turut hadir pula Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua DPR RI Puan Maharani serta Wakil Ketua DPR Dasco, Rachmat Gobel. hingga Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, DPR telah mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Rapat Paripurna ke-9 masa Persidangan II Tahun Persidangan 2023-2024 di Gedung DPR, Selasa 21 November 2023. Agus Subiyanto menggantikan Laksaman Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November mendatang. 

“Perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI tersebut dapat disetujui?” tanya Puan kepada anggota dewan, dipantau secara daring melalui saluran Youtube DPR RI.

Anggota dewan lantas menjawab memberikan persetujuannya yang diiringi dengan tepuk tangan singkat dari seluruh hadirin. Puan kemudian melanjutkan dengan memperkenalkan calon Panglima TNI Agus Subiyanto. “Kami persilahkan maju ke depan mimbar,” kata Puan.