iPhone 15 Plus
Tekno

Dilarang Prancis, iPhone 12 Update Perangkat Lunak agar Diizinkan Beredar

  • Setelah pengumuman pembaruan perangkat lunak ini, Prancis bersiap untuk melakukan uji coba terhadap pembaruan yang diajukan oleh Apple
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Apple mengumumkan rencananya untuk memperbarui perangkat lunak iPhone 12 yang digunakan oleh pengguna di Prancis. Tindakan ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap perintah dari France’s National Frequency Agency (ANFR) yang mengharuskan penghentian penjualan model iPhone 12 tahun 2020 di Prancis karena masalah radiasi yang melebihi batas yang diizinkan oleh standar Eropa.

ANFR mengeluarkan perintah tersebut pada hari Selasa, menginstruksikan penarikan segera iPhone 12 dari pasar Prancis. Mereka mengklaim bahwa perangkat ini melampaui batas paparan radiasi yang diatur oleh regulasi Eropa. Setelah pengumuman pembaruan perangkat lunak ini, Prancis bersiap untuk melakukan uji coba terhadap pembaruan yang diajukan oleh Apple untuk memastikan bahwa perangkat tersebut sesuai dengan standar Eropa yang berlaku di Prancis.

“Setelah berdiskusi dan seperti yang diminta oleh ANFR, Apple meyakinkan saya bahwa mereka akan meluncurkan pembaruan untuk iPhone 12 dalam beberapa hari ke depan,” ujar Menteri Ekonomi Digital Prancis, Jean-Noel Barrot, dilansir CNN Internasional, Rabu, 20 September 2023. 

Selain menghentikan penjualan iPhone 12 di Prancis, ANFR juga menyatakan bahwa Apple harus mengambil semua tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menyesuaikan ponsel tersebut sesegera mungkin untuk perangkat yang sudah beredar di pasaran Prancis. Jika perbaikan tersebut tidak dapat dilakukan, Apple diharuskan untuk menarik kembali perangkat tersebut dari pasaran Prancis.

Sebelumnya, Apple telah mengklaim bahwa iPhone 12 telah memenuhi atau bahkan melampaui semua peraturan dan standar Specific Absorption Rate (SAR) yang berlaku di seluruh dunia sejak diperkenalkan pada tahun 2020. SAR adalah ukuran laju penyerapan energi oleh tubuh manusia dari sumber radiasi yang diukur. Meskipun ANFR mengeluarkan perintah penarikan, para ahli dan regulator secara umum mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk khawatir tentang dampak kesehatan dari penggunaan iPhone 12.

Apple dan ANFR sekarang bekerja sama untuk memastikan bahwa perangkat iPhone 12 di Prancis sesuai dengan standar radiasi yang diterapkan di negara tersebut. Pengguna iPhone 12 di Prancis diharapkan dapat melanjutkan penggunaan perangkat mereka setelah pembaruan perangkat lunak yang sesuai telah dirilis.