Mercedes-Benz di acara Consumer Electronics Show (CES) 2024.
Tekno

Dilengkapi Asisten Suara! Pengguna Mercedes-Benz Terbaru Bakal Bisa Ngobrol dengan Mobilnya

  • Asisten ini bisa berbicara dengan berbagai nada emosi dan mengajukan pertanyaan cerdas untuk memahami dengan lebih baik apa yang diinginkan pengguna.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Jerman Mercedes-Benz baru saja meluncurkan asisten pintar untuk mobilnya dalam ajang pameran elektronik terbesar di dunia Consumer Electronics Show (CES) 2024. 

Dikutip TrenAsia.com dari laman Techclusive pada Selasa, 9 Januari 2024, asisten ini bisa memberi saran sesuai situasi dan berbicara dengan pengguna. Gebrakan yang dilakukan Mercedes-Benz ini sekaligus menandai perkembangan dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) di dalam mobil. 

Asisten ini bisa berbicara dengan berbagai nada emosi dan mengajukan pertanyaan cerdas untuk memahami dengan lebih baik apa yang diinginkan pengguna.

Markus Schaefer, teknisi utama Mercedes, menjelaskan bahwa mobil sekarang bisa menjadi teman berbincang untuk diajukan pertanyaan, berbicara, dan bahkan melakukan aktivitas produktif. 

Meskipun perusahaan tidak menyebutkan nama asisten ini, fitur ini akan diperkenalkan dalam mobil baru mereka.

Mercedes-Benz menyoroti fitur tambahan pada asisten suara mereka, yaitu pemeriksaan kewajaran pada respons yang diberikan. Asisten ini akan memeriksa rekomendasi melalui data di cloud dan laporan pelanggan, sehingga dapat memberi informasi terpercaya yang dibutuhkan pengguna “Ini adalah langkah penting karena memberikan kepercayaan kepada pengguna terkait informasi yang diberikan oleh mobil,” terang manajemen. 

Tidak hanya Mercedes, pabrikan otomotif Volkswagen juga ikut serta dengan mengenalkan mobil pertama mereka yang dilengkapi asisten suara menggunakan teknologi ChatGPT. 

Fitur ini memungkinkan pengemudi mendengarkan konten yang telah dijelajahi selama perjalanan mereka. Volkswagen mengatakan asistennya dapat menyimpan dan mengingat informasi untuk disampaikan ulang kepada pengemudi 

“fitur ini akan dapat berdialog dengan pengguna pada pertengahan tahun dan bahkan akan mengingat pertanyaan sebelumnya untuk memberikan respons yang lebih baik,” terang manajemen.