Gaya Hidup

Diluar Dugaan, Film Super Mario Bros Pecahkan Rekor Box Office

  • -Film Super Mario Bros baru telah memecahkan rekor box office. Mencetak debut global paling sukses sepanjang masa untuk sebuah film animasi.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Film Super Mario Bros baru telah memecahkan rekor box office. Mencetak debut global paling sukses sepanjang masa untuk sebuah film animasi.

Film keluarga - versi kedua Hollywood dari game hit Nintendo - menghasilkan US$377 juta  atau sekitar Rp5,6 triliun (kurs Rp14.940) di seluruh dunia dalam lima hari pertama setelah dirilis. Itu menyalip rekor sebelumnya sebesar US$358 juta  yang dipegang oleh Frozen 2.

"Jumlahnya sensasional," catat analis David A Gross yang mengatakan itu akan "dengan mudah menjadi film #1 tahun 2023".

Dalam The Super Mario Bros Movie, suara tukang ledeng Italia berkumis disuarakan oleh Chris Pratt. Sedangkan Jack Black berperan sebagai penjahat yang bernapas api, Bowser.

Film ini sebenarnya mengundang banyak kritik. Johnny Oleksinski dari New York Post mengatakan itu "hanya taktik tanpa jiwa untuk menjual barang dagangan kepada kami" dan Peter Bradshaw dari The Guardian menyebutnya "membosankan dan datar dalam segala hal".

Tetapi banyak penggemar tampaknya tidak setuju, dengan skor kritik 56% di Rotten Tomatoes dikalahkan oleh skor penonton 96%. Bahkan Elon Musk men-tweet bahwa "para kritikus sangat terputus dari kenyataan!"

“Orang tampaknya tidak peduli dengan ulasan biasa-biasa saja," tulis Pamela McClintock , reporter Hollywood dikutip BBC Senin 10 April 2023.

Dia mengatakan film ini memecahkan rekor lain, termasuk pembukaan terbaik untuk film berdasarkan video game dan debut teratas tahun 2023 sejauh ini.

"Ini adalah salah satu pertunjukan box office terbesar dalam ingatan baru-baru ini dan benar-benar menghancurkan semua proyeksi pra-rilis," kata Analis Comscore Paul Dergarabedian.