BLT
Nasional

Dinilai Efektif dan Efisien, Erick Thohir Andalkan Pos Indonesia untuk Salurkan BLT

  • Ia optimis bahwa penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) sebagai bantuan sosial (bansos) akan berjalan tepat waktu dan juga sasaran.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri Badan usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menugaskan kepada PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) seiring dengan adanya pengalihan subsidi BBM.

Ia optimistis penyaluran BLT akan berjalan tepat waktu dan juga sasaran. Sebab, realisasi penyaluran BLT oleh PT Pos Indonesia selama ini dinilai efektif dan efisien.

"Saya optimis PT Pos Indonesia sebagai ujung tombak lebih berpengalaman dalam mendistribusikan bantuan sosial (bansos) tunai hingga kartu sembako sehingga bisa tepat sasaran," ujar Erick dalam keterangan tertulis pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Erick menambahkan, fungsi BLT ini penting untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pengaruh krisis global yang melanda dunia.

“Karena ini tugas negara dan juga sistem penyaluran harus cepat. Penyaluran yang sudah dilakukan oleh PT Pos Indonesia hampir mencapai 100%,” terang Erick.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi, menyatakan siap mengemban amanah yang diberikan oleh pemerintah dalam hal penyaluran bansos kepada 20,6 juta orang penerima.

Ia berbagi resep mengenai metode penyaluran bantuan sosial tersebut dalam tiga cara.

"Pertama, mengambil di kantor pos terdekat, kedua menyalurkan lewat komunitas seperti RT/RW dan ketiga diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, hingga warga yang ada di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, terluar)," ungkap Faizal.

Ia menargetkan bahwa dalam dua minggu semua penerima manfaat BLT BBM akan menerima haknya.

Ia juga menginginkan adanya kerja sama dari pihak ketiga seperti mahasiswa, masyarakat atau bahkan pemda serta aparat kepolisian, agar penyaluran bisa lebih cepat.