Photo by Aleksandar Pasaric: https://www.pexels.com/photo/buddha-statue-near-trees-1344472/
Gaya Hidup

Dinilai Membawa Keberuntungan dalam Ilmu Feng Shui, Apa Itu Chi?

  • Chi dipercaya membawa pengaruh utama untuk kehidupan karena tanpa adanya chi, maka kehidupan tidak akan ada
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Jika Anda sering mengikuti tips-tips seputar Feng Shui, Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah Chi. Chi seringkali dikaitkan dengan keberuntungan, kemakmuran, kesejahteraan, hingga kesehatan. Lalu apa itu Chi?

Istilah chi berasal dari bahasa China yng memiliki arti sumber kehidupan atau energi. Meskipun konsep Chi berasal dari Tiongkok, namun penggunaan konsep ini dikenal di seluruh Asia dan terhubung dengan pengamatan spiritual seperti Buddhisme, Taoisme, dan Hinduisme serta praktek-praktek spiritual lainnya.

Sederhananya, chi adalah energi atau kekuatan hidup. Layaknya sebuah arus listrik yang menyalakan lampu chi bukanlah zat tetapi kekuatan.

Melansir dari laman webiste mindbodyandgreen, dalam budaya Tiongjoa, chi adalah energi alam semesta. Chi mengalir melalui semua makhluk hidup dan menghubungkan semua elemen secara energi, fisik, emosional, dan spiritual. Chi mampu memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat. Chi bisa bersifat positif dan negatif. 

Pengobatan tradisional Tiongkok meyakini bahwa semua fungsi vital dalam tubuh diatur oleh perubahan dan pergerakan jenis chi yaitu Yuan chi (chi primer), Zong chi (dada atau paru-paru), Ying chi (bergizi), dan Wei chi (chi defensif).

Chi dipercaya membawa pengaruh utama untuk kehidupan karena tanpa adanya chi, maka kehidupan tidak akan ada. Beragam manfaat chi diantaranya adalah untuk kesehatan, untuk lingkungan rumah Anda seperti penggunaan prinsip-prinsip feng shui, hingga untuk alam seperti pemanfaatan chi untuk meditasi.

Berikut tadi adalah artikel mengenai chi. Semoga bermanfaat!