<p>Brain Academy Ruangguru brainacademy.id</p>

Dipakai 5 Juta Pelajar, Ruangguru Gratiskan Lagi Sekolah Online

  • JAKARTA – Tingginya kebutuhan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mendorong PT Ruangraya Indonesia (Ruangguru) kembali menyelenggarakan program Sekolah Online Ruangguru Gratis. Sejak program pertama dirilis pada Maret 2020, sekolah online telah diakses oleh lima juta pelajar. Lesatan pengguna tidak hanya berasal siswa, Ruangguru mencatat program ini juga telah memfasilitasi lebih dari 100.000 guru yang mengikuti program […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Tingginya kebutuhan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mendorong PT Ruangraya Indonesia (Ruangguru) kembali menyelenggarakan program Sekolah Online Ruangguru Gratis.

Sejak program pertama dirilis pada Maret 2020, sekolah online telah diakses oleh lima juta pelajar. Lesatan pengguna tidak hanya berasal siswa, Ruangguru mencatat program ini juga telah memfasilitasi lebih dari 100.000 guru yang mengikuti program pelatihan.

“Pada tahun ajaran lalu, Sekolah Online Ruangguru Gratis mendapat respons yang sangat positif,” kata Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resmi, Senin, 3 Agustus 2020.

Dalam program kedua ini, siswa dapat mengakses pembelajaran PJJ setiap hari Senin hingga Jumat. Belva menyebut program ini dilaksanakan sebanyak dua sesi per harinya yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Program ini menyediakan 15 kanal belajar yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Pendidikan Alternatif

Menurut catatan Ruangguru, hingga akhir Juni, program ini merupakan salah satu pilihan alternatif belajar utama bagi para pelajar Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Ruangguru, tingkat kepuasan siswa mencapai 9.3/10. Sebanyak 9 dari 10 siswa juga menyatakan bahwa Sekolah Online Ruangguru sangat membantu mereka untuk memahami konsep pelajaran dan mendukung pembelajaran di sekolah.

Tidak hanya menawarkan sekolah gratis, siswa juga dapat menikmati fitur ruangkelas. Mereka dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar langsung dengan guru selayaknya di kelas melalui satu fitur daring yang terintegrasi.

Kemudian, ada Ruangguru Champion, yakni kompetisi uji kecerdasan antar sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Menariknya, Ruangguru menyediakan hadiah mingguan yang menarik dan berbagai tayangan hiburan bersama Master Teacher favorit setiap harinya.

“Guna meningkatkan semangat belajar siswa,” jelas Belva. (SKO)