<p>Ilustrasi kartu Prakerja / Foto:www.prakerja.go.id</p>
Komunitas

Dipercepat, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja

  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pogram Kartu Prakerja turut mengutamakan bagi yang terdampak langsung dari COVID-19. Sebelumnya program ini mengutamakan pekerja dan pencari kerja baru.

Komunitas
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Pemerintah memastikan pelaksanaan dan penyesuaian fokus program Kartu Prakerja akan dipercepat sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Wabah Virus Corona (COVID-19).

Tujuan percepatan Kartu Prakerja juga untuk memberi perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah COVID-19 terhadap perekonomian nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pogram Kartu Prakerja turut mengutamakan bagi yang terdampak langsung dari COVID-19. Sebelumnya program ini mengutamakan pekerja dan pencari kerja baru.

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp20 triliun untuk hal ini. Kami berharap program ini dapat membantu daya beli para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan atau kehilangan mata pencaharian,” jelas Airlangga, di Jakarta, Rabu, 1 Maret 2020.

Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta pada 2020. Sementara itu, untuk besaran bantuan pelatihan dan insentif yang akan diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp3,55 juta.

Rincian dari bantuan pelatihan dan insentif tersebut, yakni terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif pascapelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan), serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp150.000 per peserta.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Kemenko Perekonomian membuat laman resmi untuk program ini yakni www.prakerja.go.id. Dalam laman tersebut, dituliskan Kartu Prakerja bukanlah untuk menggaji pengangguran, tetapi bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja.

Kartu Prakerja dapat diperoleh untuk Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, dan tidak sedang bersekolah atau kuliah. Program ini diprioritaskan bagi pengangguran muda, orang yang sudah bekerja, dan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bantuan dalam Kartu Prakerja akan diberikan secara nontunai. Kartu ini tidak bisa dipindahtangankan, hanya untuk 2 juta orang pada tahun anggaran 2020.

Pendaftaran

  1. Kunjungi laman www.prakerja.go.id
  2. Masukkan email atau nomor ponsel
  3. Buat akun baru
  4. Lengkapi profil
  5. Isi formulir pendaftaran Kartu Prakerja
  6. Ikuti tes kemampuan dasar
  7. Informasi lolos atau tidak, akan dikirimkan melalui email (SKO)