Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah selesai dilakukan dengan anggaran total Rp1,08 triliun. Foto: Kementerian PUPR
Hiburan

Diresmikan Hari Ini, TMII Hadirkan Beragam Atraksi dan Wahana Baru

  • Pasca-renovasi, TMII kini menyajikan berbagai macam atraksi, wahana, serta layanan baru yang lebih fresh dan kekinian untuk menambah pengalaman bagi pengunjung.
Hiburan
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka dan diresmikan penggunaannya dengan wajah baru, Jumat 1 September 2023. Pasca-renovasi, TMII kini menyajikan berbagai macam atraksi, wahana, serta layanan baru yang lebih fresh dan kekinian untuk menambah pengalaman bagi pengunjung. 

“Wajah baru TMII menghadirkan layanan baru yang lebih segar dan experience baru. Hal ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga daya tarik yang bisa dinikmati pengunjung,” ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono dalam siaran pers, Jumat 1 September 2023. 

Renovasi TMII dilakukan Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Revitalisasi turut merambah wahana unggulan TMII yaitu kereta gantung. Kereta itu akan melintasi tiga stasiun dengan menyediakan sebanyak 81 kabin. 

Selain itu TMII menampilkan beragam koleksi topeng khas daerah, baju adat nusantara, serta pameran kain tenun ikat dan wastra dari provinsi-provinsi di Indonesia yang berada di dalam Museum Indonesia.

Wisatawan yang berkunjung dapat melihat maket dan video display yang mempresentasikan Indonesia di masa depan. Tidak hanya itu, terdapat wahana Jagat Satwa Nusantara yang juga telah selesai direvitalisasi. 

Wahana ini akan menampilkan gabungan dari tiga wahana satwa sebelumnya yang terdiri dari Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar dan Serangga.

Meriahkan Peresmian

Peresmian wajah baru TMII pasca direvitalisasi dimeriahkan dengan adanya Tirta Cerita di Danau Archipelago. Tirta cerita ini berupaya mempopulerkan kembali cerita dongeng khas Indonesia melalui bentuk atraksi. 

Tirta Ceirita akan diiringi dengan berbagai atraksi yang meliputi dancing fountain dengan memadukan teknologi water screen, musik, lighting show, serta 300 drone show. Tidak hanya itu, pada hari pertama dibuka, TMII berwajah baru ini juga akan diramaikan oleh penampilan dari grub band Kotak dan Tulus. 

Pengunjung akan digratiskan masuk di tempat wisata tersebut pada tanggal 1 September 2023 mulai pukul 16.00 WIB sebagai bagian dari helatan peresmian.

Peresmian wajah baru TMII tersebut diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk turut hadir dalam acara tersebut. “Untuk itu, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir dan menjadi bagian diresmikannya salah satu ikon pariwisata negeri ini di mana cerita tentang Indonesia tak kan ada habis dijelajahi,” ungkap Maya lebih lanjut.

Keberadaan TMII pada awalnya dicetuskan oleh Ibu Tien Seoharto yang pembangunannya dimulai sejak tahun 1972 dan diresmikan tiga tahun kemudian pada 20 April 1975. Pembangunnya sebagai bentuk minatur bagi Indonesia dengan adanya ragam budaya dari seluruh Nusantara yang ditampilkan di tempat tersebut.