Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Apartemen Samesta Mahata Margonda di Depok, Jawa Barat, pada Kamis, 13 April 2023.
Properti

Diresmikan Jokowi, Apartemen Terintegrasi Stasiun KRL Pondok Cina Dijual Rp200 Jutaan

  • Presiden Jokowi meresmikan Apartemen Samesta Mahata Margonda yang terintegrasi Stasiun KRL Pondok Cina.
Properti
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Apartemen Samesta Mahata Margonda di Depok, Jawa Barat, pada Kamis, 13 April 2023. Hunian ini dibangun dengan konsep transit oriented develepment (TOD) alias terintegrasi dengan Stasiun KRL Pondok Cina.

Jokowi mengungkapkan apartemen ini menyasar generasi milenial dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bekerja di Jakarta. Hunian dengan konsep TOD ini juga menjadi solusi untuk kemacetan di ibu kota.

Samesta Mahata Margonda dipasarkan dengan harga Rp200 juta per unit untuk tipe subisidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Sementara, yang non-subsidi dibanderol seharga  Rp300juta hingga Rp500juta.

“Cicilannya juga murah sehingga sangat pas sekali kalau untuk hunian anak anak muda,” kata Jokowi saat peresmian, Kamis, 13 April 2023.

Dalam kesempatan itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memaparkan respons masyarakat juga positif dalam menyambut hunian tersebut. 

Hal ini terlihat dari banyaknya peminat dari kalangan milenial yang ingin membeli unit di Samesta Mahata Margonda. Dari keseluruhan total 940 unit, sebanyak 41% merupakan dari millennial, 20% dari masyarakat berpenghasilan rendah. 

"Untuk Samesta Samesta Mahata Margonda. total unit 940 unit, tingkat kelakuannya cukup tinggi 78% karena ini dekat dengan Universitas Indonesia dan fasilitas pendukung lainnya seperti mal, rumah sakit, dan lain-lain,” jelas Erick.

Sasar Kota Lainnya

Lebih lanjut, Jokowi memberikan arahan agar ke depan hunian milenial seperti ini tidak hanya dibangun di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga di kota-kota lain yang mengalami kemacetan.

“Hunian millenial ini sekali lagi akan kita kembangkan di semua kota yang memiliki TOD-TOD utamanya lahan PT KAI yang tidak termanfaatkan dengan baik nanti kerja sama dengan PT PP, Perumnas, dan Kementerian PUPR,” kata Jokowi.

Sementara, Erick mengatakan Samesta Mahata Margonda menjadi hunian pertama yang terwujud dari hasil sinergi Kementerian BUMN dan BUMN dalam menghadirkan hunian milenial yang terjangkau.

Erick memaparkan Perum Perumnas menjadi pengembang yang memimpin inisiatif proyek ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tanah dan mengoperasikan stasiun KRL,  PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana proyek. Sementara, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang memfasilitasi pembiayaan kredit perumahan, dan Icon+ PLN menyediakan jaringan internet.

Saat ini, sudah diselesaikan proyek hunian TOD di 7 lokasi dengan total nilai pendanaan sebesar Rp5 triliun untuk 8.348 unit. Sebanyak 65% dari total unit sudah terjual, dengan 41% pembelinya adalah kalangan milenial.

“Hunian ini sudah ada di Depok, Jakarta, Tangerang selatan, Bogor dan Karawang,” kata dia.