<p>Produk-produk yang laris manis di e-commerce Tokopedia saat pandemi / Tokopedia.com</p>
Industri

Diskon Hari Bangga Buatan Indonesia, Lima Produk Tokopedia Ini Laris Diborong Pembeli

  • Kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dihelat awal hingga pertengahan Mei lalu tampaknya mendulang sukses bagi para pelaku usaha dan pembeli.

Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA – Kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dihelat awal hingga pertengahan Mei lalu tampaknya mendulang sukses bagi para pelaku usaha dan pembeli.

Banyaknya subsidi diskon yang diberikan untuk sejumlah produk dalam negeri terlihat menarik para pembeli untuk melakukan belanja online.

Inilah yang dirasakan oleh tokopedia. Berdasarkan keterangan dari ungkap External Communications Senior Lead, Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, situs e-commerce yang mewadahi lebih dari 11 juta pelaku UMKM mencatatkan kenaikan penjualan selama periode kampanye berlangsung.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima TrenAsia.com pada Jumat, 28 Mei 2021 kenaikan penjualan mencapai lebih dari dua kali lipat. Lantas, produk apa saja yang paling laris diborong pembeli selama masa kampanye berlangsung?

  1. Makanan dan Minuman

Produk makanan menjadi barang paling laris yang diborong pembeli selama masa kampanye. Ekhel menerangkan bahwa kenaikan penjualan produk makanan dan minuman ini selama masa kampanye naik hampir dua kali lipat.

“Kami mencatat paket dan parsel makanan, makanan ringan dan minuman sebagai produk favorit masyarakat di kategori ini selama kampanye hari BBI berjalan,” jelas Ekhel.

  1. Ibu dan Bayi

Barang kedua yang jadi sasaran pembeli adalah produk untuk ibu dan bayi. Tingginya harga dan tingkat urgensi kebutuhan perawatan bayi dan ibu hamil tampaknya membuat para pembeli banyak memborong produk ini.

Adapun barang yang banyak diincar dari produk ini meliputi makanan dan susu bayi, produk perawayan bayi, dan makanan serta susu untuk ibu hamil.

Penjualan untuk kategori produk ini menurut keterangan melonjak lebih dari dua kali lipat selama masa kampanye.

  1. Kesehatan

Berlangsungnya pandemi Covid-19 hingga saat ini menjadikan produk kesehatan masih sangat banyak diminati oleh pembeli.

Ekhel menerangkan bahwa kenaikan penjualan untuk produk ini selama masa kampanye nyaris mencapai 3 kali lipat dibanding hari biasa.

Sejumlah produk kesehatan yang banyak diincar oleh masyarakat selama kampanye berlangsung antara lain adalah perlengkapan kebersihan, masker, dan obat-obatan.

  1. Fesyen

Meski tampak menurun selama pandemi karena banyak masyarakat harus beraktivitas di rumah, kategori produk fesyen ternyata masih banyak diminati.

Menurut Ekhel, transaksi produk fesyen selama masa kampanye BBI melejit hingga enam kali lipat dibanding periode sebelum kampanye.

Ia mencontohkan salah satu penggiat usaha lokal yang menjual produk etnik Indonesia, Dakara Indonesia yang membukukan kenaikan pendapatan lebih dari dua kali lipat dalam periode kampanye kali ini.

  1. Elektronik

Meski banyak didominasi oleh produk luar negeri, produk elektronik buatan negeri sendiri rupanya mendapat tempat di hati masyarakat.

Pada kampanye BBI tahun ini, kenaikan penjualan produk elektronik Indonesia meroket hingga enam kali lipat. Adapun produk terlaris menurut Ekhel antara lain adalah audio, lampu, serta peralatan kantor. (RCS)