<p>Warga penghuni rusun memasukkan nomer pengisian token listrik di gudang instalasi meter listrik Rumah Susun (Rusun) Benhil 2, Penjernihan, Jakarta Selatan, Jum&#8217;at, 8 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Diskon Listrik April-Juni 2021 Hanya Sementara, Begini Selengkapnya!

  • JAKARTA – Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengungkapkan, stimulus tarif listrik periode April-Juni 2021 hanya bersifat sementara alias bukan bantuan yang permanen. “Stimulus tarif tenaga listrik yang diberikan oleh pemerintah ini bersifat sementara,” mengutip keterangan pers, Senin, 5 April 2021. Ia menjelaskan, stimulus yang diberikan kali ini besarannya […]

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengungkapkan, stimulus tarif listrik periode April-Juni 2021 hanya bersifat sementara alias bukan bantuan yang permanen.

“Stimulus tarif tenaga listrik yang diberikan oleh pemerintah ini bersifat sementara,” mengutip keterangan pers, Senin, 5 April 2021.

Ia menjelaskan, stimulus yang diberikan kali ini besarannya 50% dari diskon yang diterima pada periode sebelumnya.

Seperti diketahui, diskon listrik untuk kuartal II tahun ini sudah dapat digunakan oleh pelanggan. Sasaran penerima adalah pelanggan subsidi atau rumah tangga dengan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi.

Selain itu, menyasar pula pelanggan bisnis kecil dengan daya listrik 450 VA dan industri kecil daya listrik 450 VA.

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan pada saat transaksi pembelian token listrik. Kemudian, bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik.

Secara rinci, mekanisme stimulus tarif tenaga listrik periode April – Juni 2021 sebagai berikut.

  1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala
  2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi, diberikan diskon sebesar tarif listrik 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50%, diberikan untuk pelanggan reguler dan layanan khusus di industri, bisnis, dan sosial.

Dengan adanya stimulus listrik ini, PLN berharap dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha dan daya beli masyarakat guna memulihkan perekonomian nasional.