ESPN+ menampilkan banyak siaran olahraga
Hiburan

Disney Cari Mitra Strategis Baru untuk ESPN

  • Walt Disney ingin mempertahankan ESPN dan akan mencari mitra strategis untuk membentuk joint venture atau membeli saham televisi olahraga tersebut.
Hiburan
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

CALIFORNIA - Walt Disney ingin mempertahankan ESPN dan akan mencari mitra strategis untuk membentuk joint venture atau membeli saham televisi olahraga tersebut. Langkah ini merupakan salah satu usaha Disney melakukan transisi menuju streaming pada siaran olahraga tersebut, ungkap CEO Robert Iger pada Kamis, 13 Juli 2023 dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

Bisnis TV kabel telah mengalami penurunan dalam setahun terakhir. Mengutip Reuters, Iger menyebutkan perusahaan akan menjual sejumlah aset TV tradisionalnya yang mengalami masa sulit bertahun-tahun ini karena kemunculan layanan streaming.

Namun alih-alih menjualnya, Iger memilih mencari mitra strategis untuk pengembangan televisi olahraga ini. "Tidak harus tentang mematikan ESPN tetapi tentang mencari mitra strategis yang dapat membantu kami dengan distribusi atau konten," ujarnya. Iger sendiri menyebutkan ingin tetap bertahan dalam bisnis olahraga.

Mengutip CNBC, Disney telah mengadakan percakapan awal dengan calon mitra yang dapat meningkatkan layanan streaming ESPN dengan memperluas distribusinya dan menambahkan konten. Namun Iger menolak menyebutkan nama mitra tersebut. 

Disney saat ini memiliki 80% saham ESPN. 20% lainnya dipegang oleh Hearst Communications.ESPN sendiri terus menghasilkan uang yang banyak bagi Disney dengan TV tradisionalnya. Namun, terdapat peningkatan yang pesat dari penurunan hingga jutaan orang yang meninggalkan TV konvensional. 

ESPN sendiri nantinya akan beralih menjadi layanan streaming. Iger yakin dengan peralihan tersebut, perusahaan televisi olahraga tersebut bisa lebih menguntungkan jika dipasangkan dengan konten olahraga perusahaan lain. 

Melansir CNBC, Iger juga mengatakan terbuka untuk menjual atau melepaskan jaringan Disney lainnya termasuk FX, NatGeo, dan ABC Networks. 

Awal tahun ini, Iger mengatur ulang Disney menjadi tiga divisi inti, Hiburan, Taman Hiburan dan Resor, dan ESPN, yang diyakini banyak orang dapat membuka pintu Disney untuk menjual ESPN karena dapat menjadi bisnis tersendiri.