Ilustrasi Disney+Hotstar
Dunia

Disney Guyur Epic Games Rp23,47 Triliun

  • Disney akan menginvestasikan US$1.5 miliar setara Rp23,47 triliun (asumsi kurs Rp15.647) ke Epic Games, pencipta Fortnite, sebagai bagian dari kerja sama yang melibatkan properti Disney seperti Star Wars, Marvel, dan Avatar, demikian pernyataan dari kedua perusahaan pada hari Rabu.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Disney akan menginvestasikan US$1.5 miliar setara Rp23,47 triliun (asumsi kurs Rp15.647) ke Epic Games, pencipta Fortnite, sebagai bagian dari kerja sama yang melibatkan properti Disney seperti Star Wars, Marvel, dan Avatar, demikian pernyataan dari kedua perusahaan pada hari Rabu.

Dengan adanya kerjasama ini, penggemar akan memiliki kesempatan untuk menonton, berbelanja, dan bermain dengan karakter Disney di dalam permainan Fortnite, menurut pernyataan tersebut. Kesepakatan ini juga mencakup judul-judul baru dan kerja sama dengan taman bermain milik Disney.

"Langkah ini menandai keterlibatan Disney yang paling besar dalam dunia game dan membuka peluang pertumbuhan yang signifikan," kata Chief Executive Officer Disney, Bob Iger, dalam rilis resmi.

Dikutip TrenAsia.com dari Fortune, Disney telah mengalami tantangan dalam industri permainan video. Pada tahun 2016, perusahaan menutup sebagian besar operasi gamenya setelah kesulitan mengembangkan judul-judul besar secara internal. Saat ini, Disney melisensikan propertinya kepada pengembang luar seperti Electronic Arts Inc. dan Sony Group.

Disney dan Epic telah bekerja sama selama beberapa tahun, termasuk melalui program Accelerator Disney, di mana eksekutif perusahaan memberikan bimbingan kepada bisnis kecil. 

Epic sebelumnya telah menyediakan avatar berbasis karakter Star Wars, Marvel, dan Indiana Jones untuk pemain Fortnite. Perangkat lunak Unreal Engine milik Epic juga digunakan untuk mengembangkan permainan Disney.

"Disney adalah salah satu perusahaan pertama yang percaya pada potensi menggabungkan dunia mereka dengan milik kami di Fortnite," kata CEO Epic, Tim Sweeney, dalam pernyataan tersebut.

Proyek baru ini akan melibatkan beberapa tahun, demikian kata pernyataan bersama dari kedua perusahaan. Epic akan mengembangkan pengalaman-pengalaman tersebut secara internal.

Kesepakatan ini menyusul kolaborasi Epic dengan perusahaan-perusahaan konsumen besar lainnya. Pada tahun 2022, Kirkbi, perusahaan induk keluarga yang mengendalikan Lego Group, menginvestasikan $1 miliar dalam Epic untuk membangun pengalaman online dengan menggunakan merek Lego. 

Lego Fortnite, yang dirilis tahun lalu, menampilkan karakter dalam gaya Lego dan diikuti oleh sebanyak 2 juta orang dalam waktu singkat setelah peluncurannya.