Ilustrasi Disney+Hotstar
Tekno

Disney+ Luncurkan Langganan Lebih Murah dengan Iklan, Ikuti Netflix?

  • Disney+ mencoba meluncurkan layanan paket langganan streaming baru dengan harga murah tapi dengan disisipi iklan. Strategi tersebut ternyata juga sempat dilakukan oleh Netflix sebelumnya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Disney+ dilaporkan telah meluncurkan layanan paket langganan streaming baru yang lebih murah tapi dengan iklan. Disney+ tampaknya telah mengikuti langkah Netflix dan lainnya dalam menanggapi krisis dan persaingan baru dengan mendukung penonton tetap berlangganan tapi dengan paket yang ada iklan.

Disney+ akan mengizinkan pelanggan untuk membayar biaya paket langganan £4,99 atau sekitar Rp96.379 untuk layanan tersebut jika pelanggan bersedia menerima untuk menyaksikan iklan di awal film dan di dalam acara TV. Iklannya juga akan dibatasi dan pengguna akan melihat berapa lama iklan tersebut akan bertahan.

Disney tampaknya menjadi platform streaming yang terbaru dalam serangkaian layanan berlangganan, seperti Netflix yang meluncurkan versi layanan streaming yang lebih murah yang didukung oleh iklan. Seperti yang dilansir Trenasia dari The Independent pada Jumat, 3 November 2023 perubahan ini terjadi di tengah krisis biaya hidup dan meningkatnya persaingan untuk berlangganan TV streaming.

Selain disisipi iklan, pengguna pada tingkat baru dengan paket langganan yang lebih murah ini juga akan dibatasi untuk menonton dua streaming sekaligus dalam satu langganan, dan tidak akan dapat mengunduh secara offline. Sebelumnya, Netflix meluncurkan tingkat dukungan iklannya dengan batasan yang sama, meskipun sejak saat itu Netflix telah membatasinya.

Di Disney+, tingkatan paket langganan bebas iklan yang lebih mahal mencakup paket standar seharga £7,99 atau Rp154.322 atau £79,90 atau ​​Rp154.3226 per tahun, yang memiliki kualitas video dan audio yang sama dengan tingkat yang lebih rendah tetapi memungkinkan pengunduhan konten video di hingga 10 perangkat, sedangkan model premium dibandrol dengan harga £10,99 atau Rp210.527, atau £109,90 atau Rp2.122.660 di mana Disney+ telah meningkatkan kualitas video dan audio dan memungkinkan empat perangkat untuk menonton secara bersamaan.

Raksasa streaming ini bahkan juga memiliki sejumlah serial termasuk The Bear, Elemental, dan Coleen Rooney: The Real Wagatha Story. Disney+ juga diketahui meluncurkan serial baru yang mengikuti keluarga Kardashian-Jenner tahun lalu, berjudul The Kardashians, yang merupakan kelanjutan dari pendahulunya, Keeping Up With The Kardashians, yang mendokumentasikan kehidupan pribadi dan usaha bisnis kedua bersaudara tersebut.

Itu tadi penjelasan mengenai Disney+ yang mencoba meluncurkan layanan paket langganan streaming baru dengan harga murah tapi dengan disisipi iklan. Strategi tersebut ternyata juga sempat dilakukan oleh Netflix sebelumnya. Apakah Anda tetap tertarik untuk menggunakannya?