Emeril Khan Mumtadz alias Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Nasional

Ditemukan Setelah Dua Pekan Hilang, Berikut Fakta dan Kilas Balik Pencarian Jenazah Eril

  • Berikut fakta kilas balik peristiwa menghilangnya Eril hingga jasadnya ditemukan seperti dirangkum TrenAsia.com.

Nasional

Rizky C. Septania

JAKARTA - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emeril Khan Mumtadz akhirnya menemukan titik terang setelah dua pekan.  Berdasarkan keterangan dari Kepolisian Bern, Jasad Eril ditemukan mengapung di bendungan Engehalde.

Kronologisnya, Eril yang kala itu berada di Swiss untuk mencari sekolah demi melanjutkan pendidikan pascasarjana berenang di Sungai Aere bersama adik dan temannya. Namun pemuda 22 tahun ini hanyut terseret arus dan dinyatakan hilang, pada Kamis, 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

Berikut fakta kilas balik peristiwa menghilangnya Eril hingga jasadnya ditemukan seperti dirangkum TrenAsia.com. 

1. Sudah Berhati-hati Sebelum Berenang

Mengutip sejumlah keterangan yang beredar di surat kabar, Eril sempat memastikan titik aman untuk berenang. Kala itu, ia memilih tempat di mana terdapat tangga untuk turun.

Tak hanya itu, Eril juga disebut mengambil posisi paling belakang saat berenang untuk memastikan rombongannya selamat. Ia juga melarang sang Ibu, Atalia berenang demi keamanan. Nahasnya, justru Eril yang harus kehilangan nyawa meski sudah berhati-hati.

2. Pilih Selamatkan Adik dan Temannya

Saat berenang, sebetulnya yang terseret arus bukan hanya Eril, melainkan adiknya Zara dan salah satu temannya. Namun Eril terlebih dahulu meyelamatkan sang adik dan temannya. Alhasil, Eril yang terlambat ditolong terseret arus dan hilang hampir dua pekan.

3. Pencarian Prioritas

Hilangnya Eril menyandang status pencarian prioritas bagi tim SAR setempat. Segala upaya dilakukan mulai dari pencarian menggunakan drone, mengerahkan tim penyelam, susur sungai, hingga penyusuran menggunakan perahu.

4. Sandang Status Yellow Notice dari Interpol

Upaya pencarian Eril mendapat status yellow notice dari interpol. Yellow notice adalah pengumuman interpol untuk membantu menemukan orang hilang, yang sering kali anak di bawah umur atau membantu mengidentifikasi orang yang tidak dapat menentukan identifikasi diri mereka sendiri.

5. Direlakan Keluarga

Ridwan Kamil dan istri (Atalia) merelakan kepergian sang buah hati setelah enam hari pencarian tanpa hasil. Sesuai arahan ulama, Ridwan Kamil menggelar Salat Gaib dan kembali ke Indonesia. Sebelum bertandang ke Tanah Air, Atalia memposting unggahan berisi suara hatinya yang telah merelakan kepergian Eril.

6. Diramalkan Selamat Oleh Paranormal

Tak hanya Tim Sar, perjalanan pencarian Eril juga dilakukan oleh paranormal di dalam negeri. Berdasarkan penuturan mereka, kebanyak mengatakan bahwa Eril masih hidup dan diselamatkan oleh sosok lelaki/perempuan tua.

Sayangnya, kabar gembira tersebut hanya sekedar angin sepoi. Sebab kenyatannya, Eril ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

7. Ditemukan Usai Hilang Dua Pekan

Dua pekan menghilang, jasad Eril akhirnya ditemukan. Menurut keterangan kepolisian setempat, jasad Eril ditemukan terapung di pintu bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

8. Dipulangkan ke Indonesia

Setelah ditemukan, jenazah Eril kabarnya bakal dipulangkan ke Tanah Air. Namun sebelum itu, jasadnya harus menjalankan sejumlah tes termasuk visum. Diperkirakan jenazah Eril bakal tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu. Setelahnya,  jasad Eril bakal dimakamkan secara layak pada Senin.