<p>Nampak petugas medis tengah melakukan penyuntikan vaksin dalam acara Program vaksinasi kerja sama GoTix dengan Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) dengan menyasar 20.000 warga di 6 wilayah yakni Jakarta dan sekitarnya, yaitu Depok, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Kota Bekasi. Sentra Vaksinasi COVID-19 ini diperuntukkan bagi masyarakat umum termasuk pelaku UMKM, di antaranya mitra usaha ekosistem Gojek. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Nasional

DKI Jakarta Jadi Provinsi Pertama yang Vaksinasi COVID-19 Anak 12-17 Tahun

  • Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang melakukan vaksinasi terhadap anak-anak usia 12-17 tahun. Vaksinasi anak-anak tahap pertama ini dilakukan di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juli 2021.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang melakukan vaksinasi terhadap anak-anak usia 12-17 tahun. Vaksinasi anak-anak tahap pertama ini dilakukan di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juli 2021.

“Pagi hari ini tanggal 1 Juli 2021, anak anak di DKI Jakarta sudah mulai mendapatkan vaksinasi. Alhamdulillah kita bersyukur bahwa ikhtiar kita untuk melindungi setiap anak bangsa selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya di Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021.

Anies juga mengatakan proses ini sudah melewati proses pengkajian dengan tim kesehatan. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun sudah melaksanakan uji kelayakan vaksin Sinovac agar dosisnya sesuai bagi anak-anak.

“Anak-anak kita harus terlindungi, terbebaskan dari wabah COVID-19 ini, dan mereka harus mengambil masa depan yang lebih baik. Karena itu saya mengajak kepada semua orang tua di manapun berada, mari lindungi anak-anak kita,” kata Anies.

Anies mengungkapkan dari 168 jumlah variant of concern (VOC) COVID-19, 55 varian menyerang anak usia 0 bulan-8 tahun. Pemprov telah menyiapkan regulasi vaksinasi berupa KIA atau KTP bagi pelajar yang sudah memilikinya.

Kemudian, anak peserta vaksinasi akan diskrining oleh petugas kesehatan di lapangan, dan diberikan formulir pendaftaran. Opsi lainnya, para orang tua dapat mendaftarkan anaknya melalui aplikasi JAKI.

Vaksinasi Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun resmi diizinkan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan hal tersebut pada Senin, 28 Juni 2021.

“Vaksin Sinovac dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Bertambahnya target populasi ini diharapkan dapat mempermudah pemerintah mencapai target 1 juta dosis vaksin per hari hingga akhir Juli 2021. Pada Agustus 2021, target tersebut naik dua kali lipat jadi 2 juta dosis vaksin per hari. (RCS)