<p>Sumber: humasjakfire</p>

Dok-Ing MVF – U3, Robot Ini Masuk Tim Padamkan Kebakaran DKI

  • JAKARTA – Pemerintah melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mengenalkan Dok-Ing MVF – U3 sebagai salah satu unit mobil robot pemadam kebakaran. Robot yang berasal dari Kroasia tersebut dibeli pada tahun 2019 dengan harga Rp37,4 miliar. Dilengkapi dengan beberapa robotik dan peralatan rescue lainnya, robot berfungsi di antaranya penanggulangan kebakaran yang diakibatkan oleh […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Pemerintah melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mengenalkan Dok-Ing MVF – U3 sebagai salah satu unit mobil robot pemadam kebakaran.

Robot yang berasal dari Kroasia tersebut dibeli pada tahun 2019 dengan harga Rp37,4 miliar. Dilengkapi dengan beberapa robotik dan peralatan rescue lainnya, robot berfungsi di antaranya penanggulangan kebakaran yang diakibatkan oleh pabrik nuklir dan penambangan, penanggulangan pascabencana gempa bumi, hingga antiteror.

Dioperasikan dengan menggunakan remote control yang dapat diakses hingga jarak maksimal 1,5 kilometer, robot Dok-Ing MV – U3 diharapkan dapat mengurangi potensi berbahaya para petugas pemadam kebakaran.

Petugas dapat terbantu melalui kemampuan robot yang dapat mengangkat beban sebesar 2 ton, menarik beban seberat 6 ton, dan mendorong beban hingga 10 ton.

Selain itu, keunggulan lain robot tersebut, yaitu terdapat sembilan kamera pada badan robot untuk pemantauan dari segala arah, mampu menahan api dan ledakan, serta dapat menampung air sebanyak 2500 liter air dn 500 liter busa dengan jangkauan semprot masing-masing 55 meter dan 45 meter.

Menunjang Keselamatan

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, seperti dikutip CNN Indonesia (12/2/2020) menjelaskan kemampuan khusus robot Dok-Ing MV – U3 yang dapat memprioritaskan keselamatan para petugas.

“Robot itu bisa dikontrol dari jarak jauh. Di dalamnya tidak ada pengemudinya, hanya ada kontrol robotik di dalamnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, teknologi tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang keselamatan Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) selain kemampuannya dalam membersihkan gorong-gorong.

Robot yang sudah datang ke Jakarta sejak 6 Februari 2020 tersebut kini disimpan di Pusat Diklat dan SAR Dinas PKP DKI Jakarta, Ciracas, Jakarta Timur.