Tekno

Dokumen Kapal Selam Terbaru Inggris Tertinggal di Toilet Pub

  • File tentang kapal pemburu pembunuh senilai £ 1,3 miliar atau sekitar Rp24 triliun yang disebut HMS Anson ditinggalkan di toilet di The Furness Railway di Cumbria.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON- Dokumen resmi tentang kapal selam Angkatan Laut Inggris dilaporkan ditemukan di toilet sebuah pub. File tentang kapal pemburu pembunuh senilai £ 1,3 miliar atau sekitar Rp24 triliun (kurs Rp18.450) yang disebut HMS Anson ditinggalkan di toilet di The Furness Railway di Cumbria.

Surat kabar Inggris melaporkan   dokumen-dokumen itu tampaknya menunjukkan cara kerja bagian dalam kapal selam. File biasanya  digunakan oleh awak kapal selam yang sedang berlatih cara mengisolasi dan menekan elemen-elemen sistemnya. Royal Navy mengatakan tidak ada informasi rahasia yang muncul di koran.

Berbicara kepada The Sun, seorang sumber mengatakan tempat itu ditutup ketika file-file bertanda "sensitif resmi" ditemukan di bilik toilet. Mereka menambahkan untung mata-mata Rusia tidak menemukan mereka.

Barrow-In-Furness adalah rumah bagi galangan kapal milik  BAE Systems. Fasilitas ini hanya  bisa ditempuh singkat dengan jalan  kaki  dari pub tersebut.Di sinilah HMS Anson, kapal  kelima dari kelas Astute baru-baru ini  bergabung dengan armada angkatan laut Inggris.

Kapa Kelasl Astute mampu menembakkan rudal tomahawk, dan telah digambarkan oleh angkatan laut sebagai kapal selam serang terbesar, tercanggih, dan terkuat yang pernah digunakan.

Sebuah sumber angkatan laut mengatakan dokumen-dokumen ini memungkinkan kapal selam dan kontraktor untuk memahami bagaimana sistem berinteraksi. Mereka menambahkan dokumen tersebut hanya berisi desain sederhana dari sistem on-board, tanpa mengungkapkan cara kerjanya.

Sementara seorang juru bicara Royal Navy mengatakan ini  adalah dokumen pelatihan generik yang tidak membawa informasi rahasia. “Namun kami akan menangani  masalah keamanan ini dengan sangat serius dan akan menyelidiki bagaimana file itu bisa ada di tempat tersebut,” katanya Jumat 28 April 2023.

HMS Amson secara resmi masuk layanan pada Februari 2023. Empat kapal selam kelas ini yang telah beroperasi adalah HMS Astute, HMS Ambush, HMS Artful dan HMS Audacious.

Kelas Astute merupakan  kapal selam bertenaga nuklir pertama yang dirancang seluruhnya dalam lingkungan tiga dimensi dengan bantuan komputer. Ini  mewakili kemampuan militer Inggris yang canggih.

Reaktor nuklir yang menggerakkan kelas Astute tidak perlu diisi bahan bakar selama masa kerja 25 tahun mereka. Kemampuan kapal untuk memurnikan air dan udara berarti jangkauan mereka hanya dibatasi oleh jumlah makanan di dalamnya. Dengan kata lain kapal selam  akan mampu mengelilingi dunia tanpa muncul kembali. Kapal selam itu memiliki panjang 97 meter dan berat 7.800 ton. Mereka  dipersenjatai dengan rudal serangan darat Tomahawk dan torpedo kelas berat Spearfish.

Inggris berencana membangun tujuh kapal selam kelas ini dengan dua yang terakhir masih berada dalam berbagai tahap konstruksi.