Basis God Bless, Donny Fattah.
Gaya Hidup

Donny Fattah Lewatkan Reuni Spesial dengan Deep Purple

  • Donny Fattah menjadi satu dari tiga personel God Bless tersisa yang pernah merasakan atmosfer konser luar biasa bersama Ian Paice dkk.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO — Donny Fattah batal reuni di atas panggung dengan Deep Purple dalam konser di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat 10 Maret 2023. Basis God Bless itu harus absen karena kondisi kesehatan yang kurang fit. Posisinya digantikan additional player Arya Setyadi.

Konser Deep Purple bertajuk World Tour 2023 di Solo memang menjadi momentum spesial bagi God Bless. Ini kali pertama setelah 48 tahun band rock legendaris Indonesia itu bakal sepanggung dengan Deep Purple. Sebelumnya Achmad Albar dkk. pernah membuka konser band heavy metal asal Inggris itu tahun 1975. 

Donny Fattah menjadi satu dari tiga personel God Bless tersisa yang pernah merasakan atmosfer konser luar biasa bersama Ian Paice dkk. Selain Donny, Achmad Albar (vokal) dan Ian Antono (gitar) ikut membuka konser Deep Purple hampir lima dekade silam. Adapun keyboardis Jockie Suryo Prayogo meninggal dunia dan drumer God Bless kala itu, Teddy Sujaya, sudah mundur sejak 2001. 

Posisi Jockie saat ini diisi Abadi Soesman, sedangkan posis drumer diisi Fajar Satriatama. Absennya Donny Fattah di Solo dikonfirmasi God Bless dalam jumpa pers di Solo, Kamis 9 Maret 2023. Additional player God Bless, Arya Setyadi, membenarkan bakal menjadi pengganti Donny Fattah dalam konser bersama Deep Purple. 

Setahun terakhir Arya kerap menggantikan posisi Donny lantaran yang bersangkutan terkendala kesehatan. “Sebenarnya sejak 2012 setiap Donny berhalangan aku jadi stuntman (pengganti)-nya. Mudah-mudahan Donny bisa segera gabung lagi sama kita semua,” ujarnya dalam jumpa pers yang disiarkan langsung via Instagram Rajawali Indonesia. 

Donny Fattah mulai sering absen di tur God Bless sejak jatuh sakit tahun 2012. Basis kelahiran Makassar itu mengalami serangan jantung yang membuat dirinya sempat diminta istirahat total. Setelah itu kondisi Donny cenderung naik turun yang membuat God Bless mengikat Arya sebagai additional bassist.