Ilustrasi pendidikan lingkungan.
BUMN

Dorong Dekarbonisasi, WIKA Tanam 200 Pohon

  • Wika mencanangkan program penanaman 700 bibit pohon selama November di berbagai area operasionalnya di wilayah Jabodetabek, terutama di DKI Jakarta.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - PT Wijaya Karya  (WIKA) merealisasi komitmennya dalam menjaga lingkungan dengan melakukan penanaman 200 pohon Ketapang Kencana di Waduk Cipayung, Jakarta Timur. Langkah ini menjadi bagian dari upaya menjaga kelestarian alam, serta bagian dari program memperkuat upaya dekarbonisasi yang dilakukan perusahaan.

Wika mencanangkan program penanaman 700 bibit pohon selama November di berbagai area operasionalnya di wilayah Jabodetabek, terutama di DKI Jakarta. Penanaman pohon Ketapang Kencana di Waduk Cipayung menjadi salah satu upaya konkrit yang dilakukan untuk menjaga ekosistem sekaligus mengurangi jejak karbon.

Mahendra Vijaya selaku Corporate Secretary WIKA mengungkap komitmen WIKA dalam berkontribusi pada upaya dekarbonisasi adalah komitmen jangka panjang. “Kegiatan ini sekaligus menunjukkan komitmen WIKA dalam merealisasikan Program Penanganan Perubahan Iklim dan Penyerapan Polusi di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur,” ujar Vijaya, dilansir kabarbumn.com, Rabu, 22 November 2023.

Penanaman pohon-pohon ini bukan hanya sekadar aksi simbolis, melainkan juga bagian dari strategi WIKA dalam menghadirkan solusi nyata terhadap perubahan iklim. Dalam hasil penelitian dan perhitungan yang secara ilmiah, WIKA memperkirakan bahwa melalui penanaman pohon ini, mereka berhasil merealisasikan dekarbonisasi dengan estimasi sekitar pengurangan 2.100 ton karbon per tahun.

Dekarbonisasi merupakan suatu langkah penting dalam menekan emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama perubahan iklim global. Dengan memanfaatkan kegiatan penanaman pohon sebagai salah satu cara, WIKA berusaha untuk berkontribusi dalam mengurangi tingkat karbon dioksida di atmosfer yang telah menyebabkan dampak merugikan bagi lingkungan.

Menyadari bahwa upaya ini adalah bagian kecil dari banyaknya tindakan yang perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan lingkungan, WIKA mengajak pihak-pihak terkait serta masyarakat umum untuk turut serta aktif dalam upaya menjaga lingkungan. Kolaborasi dan kesadaran bersama menjadi kunci dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan bagi generasi masa depan.