Perayaan HUT RI ke-79 yang rencananya hendak digelar di IKN.
Nasional

Dorong Investasi, Luhut Minta Urusan Tanah di IKN Segera Diselesaikan

  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mendorong percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyelesaikan urusan pertanahan untuk memberikan kepastian bagi investor dalam berinvestasi.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mendorong percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyelesaikan urusan pertanahan untuk memberikan kepastian bagi investor dalam berinvestasi.

"Agar semua bisa memberi kepastian untuk investor berinvestasi termasuk di dalamnya adalah soal harga tanah yang perlu ditetapkan dengan mekanisme yang benar melalui appraisal," kata Luhut dalam keterangan resmi, Jumat, 19 Mei 2023.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar proses investasi di IKN dipercepat sesuai dengan koridor peraturan perundangan yang berlaku, termasuk penyelesaian masalah pertanahan. Kepala OIKN juga menegaskan bahwa tanah yang ditawarkan kepada investor haruslah sudah matang dan memiliki harga yang jelas.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Percepatan Investasi di IKN yang dipimpin oleh Menko Marves. Tugas satuan tugas ini adalah mengkoordinasikan antara departemen dan lembaga terkait agar proses investasi di IKN dapat berjalan dengan baik.

"Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala,” kata Luhut.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN, Silvia Halim, serta Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan OIKN, Mia Amalia.