bse.png
BUMN

Dorong Kompetensi SDM, Kementerian BUMN Luncurkan School of Excellence

  • Pembentukan badan ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia di lingkup BUMN sehingga dapat terus bersaing di tingkat global dan di kancah internasional.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara resmi meluncurkan Badan BUMN School of Excellence (BSE). Pembentukan badan ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia di lingkup BUMN sehingga dapat terus bersaing di tingkat global dan di kancah internasional.

BSE diharapkan dapat memperkuat leadership skill, business skill, dan people skill untuk memastikan pengelolaan BUMN yang efisien dan berkelanjutan. Kementerian BUMN telah memutuskan BSE menjadi entitas hukum permanen setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 30 Agustus 2023.

“BUMN School Of Excellence  bukan sekadar sebuah program pengembangan dan lembaga pendidikan. Melainkan sebuah amanah untuk kita mengantarkan generasi Indonesia menuju level global. Ini sebuah keterpanggilan untuk kita Lead Indonesia, Transform the Nation,” ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo , dilansir bumn.go.id, Senin, 30 Oktober 2023.

Chairman BUMN School of Excellence, Agus Dwi Handaya, menjelaskan bahwa BSE telah melaksanakan berbagai program yang mendukung tujuan Kementerian BUMN, dengan fokus pada pengembangan bisnis dan kompetensi khusus. 

Saat ini, dua program tengah berlangsung di bawah naungan BSE. Pertama, CHRO School, yang diikuti oleh 98 Chief Human Resources Officer (CHRO) dari berbagai BUMN. Kedua, BSE Business Essentials, yang akan berlangsung dalam lima batch, dengan batch pertama saat ini sedang berlangsung di Mandiri Wijayakusuma Campus.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah membentuk Badan BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) pada tahun 2021. Bank Mandiri ditunjuk sebagai koordinator utama, didukung oleh perusahaan-perusahaan BUMN terkemuka seperti Telkom Indonesia, Pertamina, Wijaya Karya, dan FHCI.

Peluncuran BUMN School of Excellence (BSE), diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pemimpin BUMN. Sehingga dapat mengelola BUMN lebih efisien dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif.