<p>Jajaran Direksi PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk</p>
Korporasi

Dorong Kualitas Pupuk, Saraswanti Anugerah (SAMF) Kembangkan Laboratorium Uji Kimia

  • Emiten pupuk, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) berkolaborasi dengan sister company, PT Saraswanti Indo Genetech (SIG) untuk mengembangkan laboratorium uji kimia, guna mendukung pengembangan produk perseroan.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten pupuk, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) berkolaborasi dengan sister company, PT Saraswanti Indo Genetech (SIG) untuk mengembangkan laboratorium uji kimia, guna mendukung pengembangan produk perseroan.

Selain pengembangan produk pupuk dan dibuka untuk kepentingan umum (tujuan komersil), laboratorium ini juga digunakan untuk kepentingan internal yang menunjang pengembangan dan perbaikan teknologi produk pupuk serta kegiatan riset pengujian pupuk dalam tanah dan tanaman. 

Direktur Utama SAMF, Yahya Taufik mengatakan bahwa dalam era agroindustri yang semakin maju, kesuksesan bisnisnya ditopang oleh seberapa besar penunjang sarana riset dan laboratoriumnya.

“Sehingga, dengan adanya laboratorium kolaborasi ini, diharapkan SAMF dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen,” ujarnya melalui keterangan pers, Rabu, 1 Desember 2021.

Adapun ruang lingkup dan aktivitas kegiatan di laboratorium yang menunjang agroindustri pupuk meliputi ranah berbagai macam analisis untuk jenis pupuk maka setiap unsur dalam pupuk berinteraksi dan mengalami dinamika di dalam tanah dan tanaman. Maka, laboratorium ini juga menganalisis contoh berupa tanah dan daun. 

Ia mengklaim jika laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan canggih, sekaligus didukung dengan tim analis yang sudah terlatih dengan andal untuk melakukan analisis dasar dan instrumensasi. Standar yang diterapkan laboratorium mengacu pada ISO 17025 dengan menggunakan metode berstandar SNI dan internasional. 

Diwartakan sebelumnya, perseroan telah menggandeng kontraktor PT Rexline Engineering Indonesia (PT REI) untuk meningkatkan kapasitas pabrik salah satu anak usahanya yakni PT Dupan Anugerah Lestari di Mojokerto, Jawa Timur.

Kerja sama senilai Rp64 miliar ini akan digunakan untuk melaksanakan perakitan dan pemasangan 1 line mesin NPK Granul dengan kapasitas produksi sebesar 100.000 ton pada pabrik anak usaha SAMF tersebut. Ini adalah upaya menggenjot proses peningkatan kapasitas pabrik dari 600.000 ton/tahun menjadi 700.000 ton/tahun.