Lamudi.co.id luncurkan platform Rekan Lamudi untuk genjot SDM agen properti di tengah era digitalisasi.
Industri

Dorong Kualitas SDM Agen Properti Nasional, Lamudi.co.id Luncurkan Platform Rekan Lamudi

  • Platform Rekan Lamudi ini dicetuskan untuk mendorong berbagai inisiatif seperti pemberdayaan komunitas, pengenalan produk terbaru, networking, pelatihan, dan pelibatan masyarakat.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Lamudi.co.id meluncurkan platform Rekan Lamudi untuk menjadi suatu wadah komunitas yang diharapkan dapat mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) agen properti nasional.

Kualitas SDM ini sendiri dinilai Lamudi.co.id masih perlu ditingkatkan mengingat kompetensi agen adalah pilar utama dalam pertumbuhan sektor properti nasional.

Platform Rekan Lamudi ini dicetuskan untuk mendorong berbagai inisiatif seperti pemberdayaan komunitas, pengenalan produk terbaru, networking, pelatihan, dan pelibatan masyarakat.

AVP Broker Classifieds Lamudi.co.id Cally Alexandra mengatakan, melalui platform Rekan Lamudi, agen properti bisa memperoleh berbagai keuntungan, di antaranya berkaitan dengan networking.

Membangun jaringan adalah salah satu aspek yang dinilai Lamudi.co.id sangat penting dalam keberlangsungan bisnis agen properti.

Dengan demikian, melalui platform Rekan Lamudi, para agen properti bisa membangun jaringan dan berbagi pengetahuan yang pada gilirannya dapat menggenjot kualitas SDM agen properti yang tergabung ke dalam ekosistem.

Selanjutnya, melalui platform Rekan Lamudi ini, para agen properti akan memperoleh pelatihan khusus untuk memacu bisnis agen properti dalam skala nasional.

Untuk mengapresiasi para agen yang bernaung di komunitas Rekan Lamudi, Lamudi.co.id juga menyelenggarakan Lamudi.co.id Agent Awards setiap tahunnya dengan kategori penghargaan seperti Fresh Listing, Optimal Listing, Top Spender Agent, dan Top Spender Property Office.

"Dalam aspek hardware atau teknologi, Rekan Lamudi juga menjadi ajang sosialisasi teknologi terbaru dari Lamudi.co.id untuk menjangkau lebih dari 22 juta pencari propeti di dua platform pencarian properti terbesar di Indonesia, Lamudi.co.id dan OLX Properti," kata Cally dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Chief Executive Officer (CEO) Lamudi.co.id Mart Polman mengatakan bahwa tahun ini merupakan momentum yang menantang karena tingginya suku bunga Bank Indonesia (BI) yang saat ini sudah mencapai level 5,75% dan kemungkinan akan berdampak kepada sektor properti karena tingkat kesulitan pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) yang meningkat.

Menurut Polman, tantangan ini bisa diakali dengan mendorong pemberdayaan agen yang merupakan ujung tombak dari sektor properti.

Di tengah transformasi digital yang sedang berlangsung dengan pesat, agen properti pun dituntut untuk bisa meningkatkan kemampuan literasi digitalnya dan memanfaatkan teknologi untuk mendorong penjualan.

"Kini sektor properti telah memasuki era ekonomi digital di mana para pencari properti baru atau next generation property buyers yang memiliki literasi teknologi tinggi menuntut kemudahan dalam pencarian properti. Era baru ini juga menuntut agen untuk terus meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga mampu melakukan negosiasi dan edukasi finansial dengan mudah menggunakan teknologi," kata Mart.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Clement Francis mengatakan bahwa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun lebih telah menumbuhkan suatu iklim baru dalam industri properti.

"Dengan adanya pandemi, sistem penjualan di properti itu sudah berubah total. Jika dulu terbatas dengan network, sekarang harus memanfaatkan digital marketing," kata Clement dalam kesempatan yang sama.

Dengan bergesernya model pemasaran yang dipengaruhi oleh pandemi, Clement pun menilai bahwa langkah yang ditempuh Lamudi.co.id sudah cukup tepat.

Ditambah lagi, agen properti sangat membutuhkan platform yang mendukung kebutuhan digital marketing dalam memasarkan produk.