Direktur Utama BRI - Sunarso
Korporasi

Dorong Praktik Berkelanjutan, BRI Resmikan SPKLU

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor pusat BRI sebagai bentuk komitmen untuk mendorong praktik berkelanjutan dan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bersama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor pusat BRI sebagai bentuk komitmen untuk mendorong praktik berkelanjutan dan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.

Direktur Utama BBRI Sunarso mengungkapkan, perseroan terus berorientasi dalam memperkuat implementasi environmental, social, and governance (ESG).

"Lewat penyediaan SPKLU ini, kami berharap inisiatif BRI dapat memudahkan pengguna kendaraan listrik sekaligus mendorong masyarakat lain yang belum menggunakan kendaraan listrik dapat segera beralih demi mengurangi emisi karbon," kata Sunarso dalam keterangan resmi, Kamis, 27 Oktober 2022.

Dalam pembangunan SPKLU ini, BBRI juga menggandeng PLN untuk meningkatkan semangat dan mendorong penggunaan energi ramah lingkungan, terutama di lingkungan kantor pusat BBRI. Kerja sama pembangunan SPKLU ini diharapkan bisa menjadi mata rantai bagi ekosistem energi baru terbarukan yang tengah dikembangkan di tanah air.

Sunarso juga menambahkan, BBRI secara konsisten berupaya mendukung pemerintah dalam mencapai target net zero emission pada 2060 atau lebih cepat dan berkontribusi dalam menahan pemanasan global.

"BRI juga terus menjalankan bisnis dengan menerapkan praktik-praktik ESG. Salah satunya pada aspek environmental, dimana BRI terus berupaya mendukung pemerintah dalam mengurangi emisi karbon melalui penggunaan mobil listrik," kata Sunarso.

Sebagai informasi, BBRI tercatat telah menggunakan 30 mobil listrik di berbagai regional office (RO) sebagai kendaraan operasional. Tidak hanya itu, BBRI juga menggunakan 50 motor listrik yang digunakan oleh TenagaPemasarBRI.

BRI sebagai lembaga keuangan juga berperan aktif dalam mendorong pembiayaan bagi sektor berkelanjutan.

Hingga kuartal ke-II 2022, sebanyak Rp657,1 triliun atau setara 65,5% dari total portofolio kredit BRI telah menerapkan ESG.

Lebih lanjut, sebesar Rp74,7 triliun disalurkan kepada sektor kegiatan usaha berwawasan lingkungan (KUBL). Angka tersebut menjadikan BBRI sebagai bank dengan portofolio pembiayaan di sektor ESG terbesar di Indonesia.