Suasana ajang Tech for Business 2022 Digital Transformation: Now or Never, Selasa, 22 November 2022.
Tekno

Dorong Transformasi Digital di Indonesia, Marketeers Gelar Tech for Business 2022 di CGV Grand Indonesia

  • Marketeers Tech for Business adalah ajang tahunan yang digelar dengan menghadirkan para pelaku industri teknologi dalam rangkaian diskusi seputar transformasi digital.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Dalam rangka mendorong transformasi digital di Indonesia, platform Marketeers menggelar perhelatan Tech for Business 2022 di CGV Grand Indonesia, Selasa, 22 November 2022, dengan mengusung tajuk Digital Transformation: Now or Never.

Marketeers Tech for Business adalah ajang tahunan yang digelar dengan menghadirkan para pelaku industri teknologi dalam rangkaian diskusi seputar transformasi digital.

Rangkaian diskusi yang digelar di perhelatan ini berfokus pada pandangan pelaku bisnis dari perspektif teknologi informasi.

Ada tiga tema turunan dalam diskusi kali ini, yaitu pola pikir digital (digital mindset), pemasaran digital (digital marketing), dan pengalaman konsumen digital (digital customer experience/CX).

Ketiganya diusung menjadi tema turunan dalam ajang Tech for Business tahun ini karena keseluruhannya dinilai sebagai modal utama pelaku industri dalam melakukan transformasi digital.

Chief Executive Officer (CEO) Marketeers Iwan Setiawan mengatakan, transformasi digital adalah suatu keharusan untuk sebagian besar industri saat ini, bahkan walaupun hal tersebut tidak selalu memberikan keuntungan.

Walau demikian, ada dua pilihan yang masing-masing dapat memberikan kerugian, yaitu memaksa diri untuk melakukan transformasi digital atau tidak sama sekali.

"Saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan transformasi digital. Setelah lebih dari dua tahun diterpa pandemi, kita diajari bahwa transformasi digital merupakan sebuah keharusan. Apakah itu menguntungkan atau tidak, yang jelas melakukan transformasi digital lebih baik bagi perusahaan ketimbang tidak melakukan sama sekali," ujar Iwan dalam pidato pembukaannya.

Diskusi-diskusi yang digelar dalam Tech for Business 2022 kurang-lebih menegaskan bahwa dalam proses transformasi digital, integrasi peran manusia dan mesin tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Oleh karena itu, acara ini pun memperkenalkan tahapan-tahapan digitalisasi yang disemarakkan dalam Marketing 4.0, di antaranya pemasaran antroposentris (human-centric marketing), pemasaran konten (content marketing), pemasaran keterlibatan konsumen (engagement marketing), dan pemasaran omnichannel (omnichannel marketing).

Tech for Business 2022 pun memperkenalkan tahap lanjutan yang terangkum sebagai konsep Marketing 5.0 yang terdiri dari lima elemen, yaitu data driven marketing, predictive marketing, contextual marketing, augmented marketing, dan agile marketing.

Chief Technology Officer V2 Indonesia Daniel Hartono dan Chief Executive Officer SOCA AI Jimmy Yogaswara dalam acara diskusi Tech for Business 2022 di CGV Grand Indonesia, Selasa, 22 November 2022. (TrenAsia/Idham Nur Indrajaya)

Ada 22 pembicara yang hadir dalam diskusi, yakni sebagai berikut:

- Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie,

- Partner Manager MessageBird Alfred Surya,

- Founder dan CEO V2 Indonesia Rudi Hidayat,

- Chairman Dentsu Indonesia Adji Watono,

- Managing Director The Golden Space Cindy Gozali,

- Head of Industry Google Indonesia Elvira Jakub,

- Director of Grab for Business Grab Indonesia Roy Nugroho,

- SVP Shared Services PT Pertamina (Persero) Primarini,

- CEO 99 Group Indonesia Wasudewan,

- VP Business Development & Innovation Telkomsel Jockie Heruseon,

- Chief Technology Officer (CTO) V2 Indonesia Daniel Hartono,

- CEO dan Founder SOCA AI Jimmy Yogaswara,

- Managing Director PT Aisensum Bigdata Analytics Vivek Thomas,

- Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji,

- CEO Agate Shieny Aprilia,

- Chief Creative Officer Dentsu Indonesia Andreas,

- Behavioral Marketing Practitioner Ignatius Untung,

- Chief Sales & Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus,

- Solution Engineer MessageBird Alvin Julian, dan

- Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago Irene Santoso.

Perangkat Proto Hologram dari V2 Indonesia yang dipamerkan di ajang Tech for Business 2022 di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Selasa, 22 November 2022. (TrenAsia/Idham Nur Indrajaya)

Selain diskusi, Tech for Business 2022 pun menghadirkan pengalaman bagi para peserta untuk mencoba berbagai teknologi dari para mitra, seperti XR (extended reality) Studio dan Proto Hologram dari V2 Indonesia dan Live Avatar yang dibawa oleh SOCA AI.

Marketeers Tech for Business 2022 digelar dengan dukungan para mitra seperti Google Indonesia, V2 Indonesia, MessageBird, Pertamina, My Pertamina, Dwi Sapta, Dentsu Indonesia, Aisensum, Telkomsel, Infobip, dan mitra-mitra lainnya.

Dibuka pada pukul 10.00 WIB, Marketeers menghadirkan 9 sesi diskusi yang digelar di tiga studio CGV Indonesia mulai dari 13.30 hingga 17.30 WIB.