<p>Ilustrasi: Produk kerajinan UMKM. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Dorong Transformasi Digital Koperasi dan UMKM, Grup MNC Kolaborasi dengan KemenkopUKM

  • PT MNC Investama Tbk (BHIT) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) menandatangani nota kesepahaman sebagai komitmen bersama mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui inovasi dan transformasi digital.
Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT MNC Investama Tbk (BHIT) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) menandatangani nota kesepahaman sebagai komitmen bersama mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui inovasi dan transformasi digital.

Contohnya seperti layanan digital banking, pengembangan transaksi cashless, akses pembiayaan, ekspansi e-commerce, distribusi konten digital, dan lain-lain. Berbagai program telah dan akan disusun bersama Grup MNC guna meningkatkan kemampuan digital UMKM Tanah Air.

Kolaborasi tersebut dilaksanakan pada Rabu, 6 Oktober 2021. Usai penandatanganan, sekitar 150 perwakilan komunitas UMKM langsung mendapatkan sosialisasi dan pendampingan untuk lebih memahami peluang bisnis yang ditawarkan oleh MotionBanking, MotionPay, MNC e-commerce, dan Warung Migo.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia. 

Namun disayangkan, kata dia, masih banyak sekali para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan. Besar harapan agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing. 

“Ditambah lagi kerja sama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce, yang merupakan keunggulan Grup MNC. Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Kamis, 7 Oktober 2021.

Pada kesempatan yang sama, Executive Chairman Grup MNC, Hary Tanoesoedibjo menyatakan antusiasnya dalam keikutsertaan pihaknya dalam menjangkau 65 juta UMKM untuk bertransformasi digital dengan memanfaatkan kekuatan dan fitur teknologi grup di bidang media, jasa keuangan, dan e-commerce

Menurutnya, kolaborasi Smesco yang merupakan lembaga di bawah KemenkopUKM dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien serta memberikan peluang untuk berkembang dengan bantuan pembiayaan. 

“Kami yakin kolaborasi KemenKopUKM dengan MNC Group akan menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM dan menyebarkan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia melalui ekspansi digital,” tukasnya.